Detail Cantuman Kembali
TESIS: Upaya Peningkatan Motivasi Peserta Didik Belajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Nahdlatut Thawalib Tompong Bantaeng
Tesis ini membahas tentang Upaya Peningkatan Motivasi Peseta Dididk
Belajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Nahdlatut Thawalib Tompong
Bantaeng. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menggambarkan bagaimana motivasi
belajar bahasa Arab peserta didik Madrasah Tsanawiyah Nahdlatut Thawalib
Tompong Bantaeng (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya guru bahasa
Arab dalam meningkatkan motivasi peseta didik belajar bahasa Arab Madrasah
Tsanawiyah Nahdlatut Thawalib Tompong Bantaeng (3) Untuk menganalisis
kemampuan peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah
Nahdlatut Thawalib Tompong Bantaeng.
Jenis penelitian ini adalah penelitan deskriftif kualitatif, pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan Psikologi dan Fenomenologi. Sumber data yaitu data
primer dan data sekunder. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, pedoman
observasi, wawancara , dokumen, tehnik analisis data dan metode pengumpulan
data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Motivasi belajar peserta didik di
madrasah Tsanawiyah Nahdlatut Thawalib Tompong Bantaeng termotivasi. Hal
tersebut berdasarkan beberapa indikator dan kenyataan di lapangan serta
pernyataan peserta didik dan guru bahasa Arab, Upaya guru memotivasi peserta
didik di dalam dan di luar kelas, Kemampuan peserta didik pada pembelajaran
bahasa Arab dalam membaca (al-qira>ah), dapat diklasifikasikan dalam dua kategori.
Kategori pertama, peserta didik mampu membaca (al-qira>ah); kategori kedua,
peserta belum mampu membaca (al-qira>ah);. Sedangkan kemampuan menulis (alkita>bah) bahasa Arab diklasifikasikan dalam dua kategori. Kategori pertama,
peserta didik sudah mampu menulis huruf hijaiyyah, dan yang kedua, peserta didik
yang belum mampu menulis huruf hijaiyyah.
Implikasi dari penelitian ini yaitu hendaknya para pengajar bahasa Arab
memahami bahwa bahasan tentang motivasi belajar bahasa Arab merupakan
bahasan penting yang harus dicermati para pengajar bahasa Arab di madrasah atau
pesantren dan umumnya di lembaga pendidikan yang terdapat di dalamnya
pembelajaran bahasa Arab. Seharusnya di dalam peningkatan motivasi belajar
bahasa Arab, faktor guru merupakan faktor yang sangat penting yang harus ada di
dalamnya.
SYARIFUDDIN - Personal Name
2X7.3
400
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...