Detail Cantuman Kembali
TESIS: IMPLEMENTASI GEMAR MENGAJI DALAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui gambaran implementasi
gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 2) Untuk mengkaji
kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik pada pelaksanaan gemar mengaji di
Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 3) Untuk mengungkapkan kendalakendala dan solusi yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran al-Qur’an pada
gemar Mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dalam upaya
pembinaan baca tulis al-Qur’an.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi
yaitu teologis normatif, pedagogis, dan sosiologis. Sumber data penelitian ini terdiri
atas pemerintah, guru mengaji, dan tokoh masyarakat di Kecamatan Marioriwawo
Kabupaten Soppeng sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
melakukan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis
data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3)
pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, gambaran implementasi
gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng sangat lancar dan
guru-guru mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng telah berperan
aktif dalam mengajarkan al-Qur’an dan mengembangkan beberapa metode termasuk
motode latihan gemar mengaji meliputi peningkatan mutu dan memberikan
bimbingan secara efektif sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal
sesuai dengan potensi yang dimiliki, dan menciptakan lingkungan di Kecamatan
Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang religius. Kedua, kemampuan membaca alQur’an peserta didik pada pelaksanaan gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo
Kabupaten Soppeng yang berisikan kegiatan-kegiatan bersifat operasional yaitu;
tindakan dan pembelajaran yang sistematis, target yang akan dicapai atau diingini
oleh pemerintah dan masyarakat, dan kegiatan mengaji yang digambarkan untuk
menanamkan nilai-nilai Qur’ani untuk mencapai tujuan. Ketiga, kendala-kendala
dan solusi yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran al-Qur’an pada gemar
Mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dalam upaya pembinaan
baca tulis al-Qur’an yaitu; pertama sikap acuh orang tua terhadap anaknya dalam
memotivasi membaca dan menulis al-Qur’an serta pengaruh teknologi (HP) sangat
cepat dan keikutsertaan orang tua dalam pembinan baca tulis al-Qur’an sangat
minim. Adapun solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi yaitu; sikap
orang tua dalam memberikan motivasi, pengaruh teknologi HP dibatasi, melakukan
bimbingan secara intensif, memberikan tugas tambahan peserta didik, sertaxvi
meningkatkan insentif guru mengaji dan meningkatkan pelatihan bagi guru-guru
mengaji.
Implikasi penelitian ini yaitu pdidik di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten
Soppeng masih sangat membutuhkan intensitas baca tulis al-Qur’an dan
membutuhkan tambahan materi pembelajaran ilmu tajwid dan makharijul huruf,
sebagai wawasan dan bekal untuk mengembangkan sekaligus diaplikasikan
ditengah-tengah masyarakat, diharapkan kepada pengajar agar tetap istiqamah
memperhatikan bacaan peserta didik di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten
Soppeng yang notabene sudah bagus dari segi praktek, dan perlu ditingkatkan dari
segi materi, supaya kualitas baik dari segi materi dan praktek bisa sejalan.
SATTURI - Personal Name
370
370
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...