Detail Cantuman Kembali
TESIS:Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Visual (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII MTs DDI-AD (Ambo Dalle) Galesong Baru Makassar
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian eksperimen yang terdiri dari
dua kelompok. Salah satu kelompok sebagai kelompok eksperimen (yang dikenai
perlakuan) dan satunya sebagai kelompok kontrol (pembanding). Pokok permasalahan tesis ini adalah bagaimana gambaran efektivitas pembelajaran bahasa Arab
dengan menggunakan media visual pada siswa MTs DDI-AD (Ambo Dalle)
Galesong Baru Makassar dan apakah pembelajaran bahasa Arab dengan
menggunakan media visual lebih efektif daripada tanpa menggunakan media visual
pada siswa MTs DDI-AD (Ambo Dalle) Galesong Baru Makassar.
Penelitian ini mengambil lokasi di MTs DDI-AD (Ambo Dalle) Galesong
Baru Makassar. Jumlah sampel dari setiap kelompok (eksperimen dan kontrol)
sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis
dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan hipotesis mayor yang
diajukan yakni: pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media visual lebih
efektif daripada tanpa menggunakan media visual di kalangan siswa MTs DDI-AD
(Ambo Dalle) Galesong Baru Makassar terbukti atau dapat diterima. Indikator
efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media visual yang diteliti terdiri atas
keefektifan penyajian pesan, keefektifan dalam mengatasi keterbatasan ruang,
waktu, dan daya indera, keefektifan mengatasi sikap pasif peserta didik, dan
keefektifan dalam memperjelas makna bahan pembelajaran.
Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak madrasah agar memperhatikan kedudukan media pembelajaran dalam komponen metode pembelajaran
bahasa Arab sebagai salah satu upaya mempertinggi proses interaksi peserta didik
dengan guru dan interaksi peserta didik dengan lingkungan belajarnya. Selanjutnya,
kepada calon peneliti yang lain untuk melanjutkan penelitian lebih jauh tentang
media-media lain yang dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Herman - Personal Name
492
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2010
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...