Detail Cantuman Kembali
TESIS:Peranan Sistem H{alaqah Dalam Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Mahasantri Ma’had Aly As’adiyah
Tesis ini membahas tentang peranan sistem h}alaqah dalam peningkatan
kemampuan bahasa Arab mahasantri Ma’had Aly As’adiyah. Adapun yang
menjadi pokok permasalahannya adalah bagaimana peranan sistem h}alaqah
dalam peningkatan kemampuan bahasa Arab mahasantri Ma’had Aly As’adiyah,
dengan submasalahnya yaitu: bagaimana gambaran pelaksanaan sistem h}alaqah
di Ma’had Aly As’adiyah, bagaimana kontribusi sistem h}alaqah dalam
peningkatan kemampuan bahasa Arab mahasantri Ma’had Aly As’adiyah,
bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, dan bagaimana upayaupaya optimalisasi peranan sistem h}alaqah dalam peningkatan kemampuan
bahasa Arab mahasantri yang dilakukan oleh Ma’had Aly As’adiyah .
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Artinya, penelitian ini
mengkaji dan mendeskripsikan situasi sosial di lokasi penelitian, khususnya
tentang peranan sistem h}alaqah dalam peningkatan kemampuan bahasa Arab
mahasantri. Penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis,
sosiologis dan historis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi
partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penetapan sumber data
dilakukan secara purposive dan teknik analisis data menggunakan analisis teori
Miles dan Huberman, dengan proses pengolahan data melalui tiga tahap, yaitu;
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem h}alaqah di
Ma’had Aly As’adiyah berlangsung setiap hari kecuali hari jumat setelah selesai
salat magrib dan salat subuh di Masjid Agung Ummul Qura’ dan Masjid Jami’
Nurul Istiqamah Sengkang berupa pengkajian kitab-kitab fikih, akhlak-tasawuf,
hadis, dan tafsir dengan menggunakan metode tuntunan, qiraah-terjemah,xviii
ceramah, dan suri teladan. Peranan sistem h}alaqah dalam peningkatan
kemampuan bahasa Arab mahasantri Ma’had Aly As’adiyah dapat dilihat dari
kontribusi yang diberikan. Kontribusi tersebut berupa peningkatan kemampuan
membaca, penguatan kaidah nahu-saraf, penambahan kosakata bahasa Arab,
peningkatan z\auq kebahasaan, dan yang tak kalah penting adalah sebagai
penambah motivasi untuk terus belajar bahasa Arab. Adapun faktor-faktor
pendukungnya yaitu: para pengajar di h}alaqah memberi perhatian besar pada
kajian kebahasaan kitab, metode yang digunakan menuntut para mahasantri
untuk belajar mandiri dan memantapkan kemampuan bahasa yang dimiliki
mahasantri, mahasantri sudah mempunyai kemampuan dasar bahasa Arab
sebelum masuk Ma’had Aly, dan kondisi/suasana pembelajaran h}alaqah yang
tenang karena jumlah mahasantri terbatas sehingga mudah dikordinir. Faktorfaktor penghambatnya yaitu: kemampuan pengajar dari segi metodologi
pengajaran sangat terbatas, kemampuan bahasa Arab mahasantri yang tidak
seragam, dan alokasi waktu juga yang sangat terbatas. Adapun upaya-upaya
optimalisasi peranan sistem h}alaqah dalam meningkatan kemampuan bahasa
Arab mahasantri Ma’had Aly As’adiyah yang dilakukan oleh Ma’had Aly adalah
dengan melaksanakan qira>’ah al-kutub di luar h}alaqah, membawa pembahasan
kaidah ke kelas pagi, dan melaksanakan perkampungan bahasa Arab pada tiap
angkatan.
Implikasi penelitian ini diharapkan berdampak positif terhadap pengembangan sistem h}alaqah yang dilaksanakan di Ma’had Aly As’adiyah, terutama
pada penggunaan metode pembelajaran yang mengarahkan sistem h}alaqah pada
pengkajian keilmuan Islam sekaligus pengkajian bahasa Arab, sehingga out put
Ma’had Aly As’adiyah lebih berkualitas.
Besse Wahidah - Personal Name
492
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...