Detail Cantuman Kembali
TESIS:PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH PUTERA MACANANG KABUPATEN WAJO
Tesis ini membahas tentang peranan media pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab
Madrasah Aliyah As’adiyah putera Macanang Kab. Wajo. Adapun sub masalah,
yaitu: Pertama, bagaimana gambaran penggunaan media pembelajaran bahasa
Arab di Madrasah Aliyah putera Macanang. Kedua, bagaimana gambaran
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah
Aliyah As’adiyah putera Macanang. Ketiga, bagaimana peranan media
pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah putera Macanang.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan
pendekatan teologis-normatif, pedagogis, psikologis, dan pendekatan linguistik.
Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, guru mata pelajaran
bahasa Arab, dan peserta didik. Untuk memperoleh data digunakan metode
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dengan cara: reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan media pembelajaran yang
ada di Madrasah Aliyah As’adiyah putera Macanang Kabupaten Wajo pada mata
pelajaran bahasa Arab, sudah memenuhi standar pembelajaran, namun masih
belum bisa menjangkau keseluruhan peserta didik dari segi fasilitas yang ada
seperti laboratorium komputer. Prestasi belajar peserta didik tergambar dari 27
jumlah peserta didik Madrasah Aliyah As’adiyah putera Macanang, hanya
sebanyak 10 (37, 04%) peserta didik yang masuk kategori tinggi, dan sebanyak
17 (62, 96%) peserta didik yang berkategori cukup, sementara yang berkategori
rendah tidak ada. Peranan media dalam proses pembelajaran oleh guru mata
pelajaran bahasa Arab, pada dasarnya dapat menunjang upaya pengaktualisasian
hasil belajar yang efektif dan efisien, sehingga dengan penggunaan media
pembelajaran yang tepat, peserta didik akan termotivasi untuk selalu belajar,
dengan demikian prestasi belajar peserta didik dapat meningkat.
Implikasi penelitian, mengingat jumlah peserta didik yang secara kuantitas
sangat banyak, maka perlu kiranya media pembelajaran yang ada diseimbangkan,
guru hendaknya diberikan bekal yang cukup agar dapat menjalankan fungsi
media tertentu (komputerisasi, pemakaian OHP/LSD) dengan baik, sehingga
proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, hendaknya ada keseimbangan
antara jumlah peserta didik, pendidik, dan media pembelajaran dalam proses
pembelajaran sehingga tingkat efisiensi dan efektivitas dapat berjalan maksimal.
AGUSSALIM - Personal Name
492
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...