Detail Cantuman Kembali
TESIS:Pemahaman Guru tentang Pembelajaran Bahasa Arab dan Implementasinya di MTs As’adiyah Putri Pusat Sengkang
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif mengenai
pemahaman guru tentang pembelajaran bahasa Arab di MTs As’adiyah Putri Pusat
Sengkang. Dikembangkan dalam empat submasalah, yakni: bentuk pemahaman
guru, implementasi pemahaman guru, kendala pengimplementasian pemahaman
guru, dan upaya solutif pengimplementasian pemahaman guru tentang pembelajaran
bahasa Arab di MTs As’adiyah Putri Pusat Sengkang.
Penelitian ini dilakukan di MTs As’adiyah Putri I dan II Pusat Sengkang.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, linguistik, dan
pendekatan psikologis. Sumber data dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer
yang meliputi kepala sekolah, 7 guru Bahasa Arab, peserta didik, pegawai/staf TU
madrasah, dan pihak-pihak yang berkompeten sebagai kontributor dalam penelitian
ini. Adapun sumber data sekunder, yaitu dalam bentuk dokumen seperti buku-buku
ilmiah, buku sumber ajar, perangkat pembelajaran, dan dokumen penting lainnya
yang berkaitan dengan objek pembahasan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Adapun
teknik pengolahan data dilakukan mulai dari mereduksi, menyajikan, dan menarik
kesimpulan dari data yang telah terkumpul. Selain ketiga tahap tersebut, peneliti
juga menggunakan analisis data secara tipologi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemahaman guru tentang
pembelajaran bahasa Arab masih perlu ditingkatkan. Hal tersebut terlihat dalam
penerapan pemahaman guru tentang pembelajaran bahasa Arab, dari segi tujuan
penerapan pembelajaran masih lebih dominan pada pencapaian maha>rah yang
bersifat reseptif atau kemampuan kebahasaan saja. Dari segi materi ajar kurang
mengintegrasikan beberapa buku dan umumnya hanya mengadakan latihan secara
tertulis. Adapun dari segi metode dan pengelolaan kelas para guru masih kurang
menggunakan metode yang variatif sehingga dalam pengelolaan kelaspun khususnya
dalam penataan fasilitas belajar lebih banyak mengikuti apa yang telah di-setting
oleh peserta didik. Hal tersebut karena adanya kendala yang dihadapi guru yaitu dari
segi tenaga pengajar sendiri, peserta didik, dan sarana dan prasarana. Sedangkan
upaya solutif dalam masalah ini yaitu mengikuti kegiatan peningkatan kualitas guruxviii
yang berkaitan dengan teori-teori atau pengetahuan yang menunjang pembelajaran
bahasa Arab. Dari segi peserta didik, dilakukan kegiatan bimbingan BTA (Baca
Tulis Al-Qur’an), bimbingan bahasa Arab, takhas}s}us} (bimbingan baca kitab kuning),
dan kadang-kadang melaksanakan kegiatan perkampungan bahasa Arab. Selain itu,
dari segi sarana dan prasarana dilakukan pembenahan dan perbaikan untuk
menunjang proses pembelajaran bahasa Arab.
Implikasi dari penelitian diharapkan adanya upaya yayasan dan lembaga
pendidikan (para tenaga kependidikan) memberikan kontribusi untuk
membangun/meningkatkan perspektif guru mengenai pembelajaran bahasa Arab,
agar guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran,
sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Selain itu, yang tidak kalah
pentingnya adalah menciptakan variasi lingkungan pembelajaran, tidak hanya
monoton di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas atau keluar lingkungan madrasah,
serta secara periodik menghadirkan native speaker. Dibutuhkan kebijakan untuk
menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu mata pelajaran yang masuk UN (Ujian
Nasional) di tingkat madrasah, sehingga perhatian para tenaga kependidikan
khususnya guru bahasa Arab terhadap madrasah semakin meningkat. Selain itu, bagi
madrasah, khususnya MTs As‘adiyah Putri I dan II Pusat Sengkang, agar hasil
penelitian ini dapat dijadikan masukan atau acuan pengambilan kebijakan dalam
rangka meningkatkan proses pembelajaran.
Sri Wahyuni - Personal Name
492
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...