Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:problematika implementasi metode al-h}iwar dan solusinya dalam pembelajaran bahasa Arab pada ma’had al-birr Kota Makassar


Tesis ini membahas tentang problematika implementasi metode al-h}iwar dan
solusinya dalam pembelajaran bahasa Arab pada ma’had al-birr Kota Makassar,
secara rinci penelitian ini membahas. (1) Penerapan metode al-h}iwar dalam
pembelajaran bahasa Arab pada ma’had al-birr Kota Makassar, (2) kemampuan alh}iwar peserta didik ma’had al-birr Kota Makassar (3) Bagaimana problematika
Implementasi metode al-h}iwar serta solusinya dalam pembelajaran bahasa Arab pada
ma’had al-birr Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif dengan
menggunakan pendekatan pedagogis, sosiologis dan pendekatan psikologis,
sedangkan metode pengolahan datanya adalah dengan cara reduksi data, verifikasi
data kemudian melakukan pengolahan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa penerapan metode
al-h}iwar di Ma’had al-Birr dilakukan dengan pemberian hapalan dialog-dialog
tertentu (hifzu al-hiwar), dialog tanya jawab interaktif dalam bentuk diskusi (hall almusykilat) pada mata kuliah yang pas dilakukan diskusi, dialog terpimpin (al-hiwar
al-muwajjah ) oleh pendidik di luar kelas. Kemampuan al-hiwar peserta didik
ma’had al-birr menunjukkan bahwa peserta didik ma’had al-birr telah memahami
bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan.
Adapun problem yang dirasakan oleh pendidik ma’had al-birr adalah
bervariatifnya latar belakang pendidikan peserta didik dan pengetahuan bahasa
Arabnya, peserta didik yang belum terpola baik dikarenakan masih ada peserta didik
yang tinggal di luar asrama, masih ada peserta didik yang kekurangan kosakata pada
umumnya dan kosakata-kosakata kontemporer, masih terdapat struktur bahasa
peserta didik yang belum meamadai dan pengucapan makharijul huruf yang belum
sesuai.
Solusi dari problem-problem tersebut, ma’had al-birr melakukan
pembimbingan dan pengontrolan, menyiapkan kelas tamhidiy, mengingatkan peserta
didik untuk menambah kosakata dengan memanfaatkan kamus dan pendidik sebagai
refrensi. Pengajaran qawa’id lebih ditekankan pada semester III, dan pengucapan
makharijul huruf yang belum sesuai, pendidik memberikan bimbingan dengan
melakukan penyebutan huruf-perhuruf atau kata-perkata secara berulang-ulang
muhammad Faisal - Personal Name
492
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...