Detail Cantuman Kembali
TESIS:NILAI-NILAI EDUKASI S}IYAG} AL-AMR DALAM QS AL-BAQARAH (Analisis Perspektif Ilmu Bala>gah
Tesis ini membahas tentang nilai-nilai edukasi s}iyag al-amr yang
terdapat di dalam QS al-Baqarah dengan sub pokok permasalahan yang
dibahas adalah bagaimana s}iyag al-amr dan maknanya yang terdapat dalam
QS al-Baqarah?, serta nilai-nilai edukasi s}iyag al-amr, dengan tujuan adalah
mengungkapkan makna s}iyag al-amr yang terdapat dalam QS al-Baqarah dan
nilai-nilai edukasi yang terkandung di dalamnya dengan cara
mendeskripsikan.
Menjawab pokok permasalahan tersebut di atas, maka penelitian ini
menggunakan beberapa metode, jenis penelitian ini dapat dikategorikan
sebagai penelitian kualitatif deskriktif. Adapun sumber penelitian ini
merupakan penelitian pustaka (library research) yang diklasifikasikan menjadi
dua data yaitu data primer dan data sekunder. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan multidisipliner. Pengumpulan data dilakukan dengan
kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat macam s}iyag al-amr,
hanya tiga yang terdapat dalam QS al-Baqarah yaitu: fi’il amr bentuk inilah
yang paling banyak ditemukan, fi’il mud}a>ri’ yang dimasuki la>m al-amr dan
mas}dar pengganti fi’il. Sedangkan makna s}iyag al-amr terbagi dua yaitu ada
yang bermakna asli dan ada yang keluar dari makna aslinya, s}iyag al-amr yang
keluar dari makna aslinya dapat diketahui dengan konteks ayat atau
qarinahnya. Adapun makna lain dari s}iyag al-amr dalam QS al-Baqarah adalah
makna doa, irsya>d (petunjuk/ nasihat), iba>hah (kebolehan), ta’ji>z
(melemahkan), tahqi>r (menghina), takhyi>r (pilihan). Sedangkan nilai-nilai
edukasi di dalamnya adalah keimanan, ibadah, sosial/ kemasyarakatan, moral/
akhlak, doa, kesehatan reproduksi, kedisiplinan, menunaikan amanah,
Istiqamah, dan kepatuhan.
Implikasi dari hasil penelitian, memahami dan mengkaji isi
kandungan Alquran sangat dibutuhkan sarana dan prasarana seperti lembaga
pendidikan Alquran dan tenaga edukasi yang professional dalam bidangxvii
tersebut. Mersepon hal tersebut sangat dibutuhkan ide-ide kepada yang
berwenang dalam hal itu demi untuk meningkatkan kualitas professional
sebagai alumni UIN yang bercirikan Islam. Kepada calon peneliti selanjutnya
diharapkan meneliti secara akurat dengan modal harus mengetahui berbagai
cabang ilmu bahasa Arab termasuk ilmu bala>gah dan lebih khusus ilmu
ma’a>ni>.
Mutaillah - Personal Name
492
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2015
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...