Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Strategi Guru Bahasa Arab Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Memahami Teks Bahasa Arab Peserta Dididk Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa


Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru bahasa
Arab dalam mengatasi kesulitan membaca dan memahami teks bahasa Arab peserta
didik Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa. Pokok
masalah tersebut diuraikan secara terperinci ke dalam beberapa sub masalah atau
pertanyaan, yaitu: (1) Bagaimana kemampuan membaca dan memahami teks bahasa
Arab peserta didik Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa,
(2) Kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi oleh peserta didik Madrasah Aliyah Syekh
Sungguminasa Kabupaten Gowa dalam membaca dan memahami teks bahasa Arab,
dan (3) Bagaimana strategi guru bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan belajar
bahasa Arab di Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan
pendekatan linguistik, pedagogis, dan sosiologis. Peneliti menggunakan dua sumber
data yaitu data primer dan data sekunder. Dalam metode pengumpulan data peneliti
melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pelaksanaan penelitian
yaitu tahap persiapan, tahap operasioanl, dan tahap penyelesaian. Analisis data
dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan membaca dan
memahami teks bahasa Arab bagi peserta didik Madrasah Aliyah Syekh Yusuf
Sungguminasa Kabupaten Gowa, adalah kemampuan dalam membaca dan
memahami isi bacaan yang terdiri dari kemampuan menerjemahkan kalimat
sederhana dan menjawab pertanyaan atau latihan. Hasil tes menunjukkan bahwa
peserta didik Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa, dalam hal membaca
berada pada kategori kedua yaitu peserta didik mampu membaca teks bahasa Arab
dengan baik. Dalam hal menerjemahkan peserta didik sudah bisa menerjemahkan
kalimat sederhana. Adapun kemampuan peserta didik dalam hal menjawab
pertanyaan atau latihan yaitu peserta didik mampu menjawab dengan baik.
(2) Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik Madrasah Aliyah Syekh
Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa dalam membaca dan memahami teks bahasaxvi
Arab adalah antara lain: kesulitan dalam membaca teks bahasa Arab tanpa baris,
kesulitan terkait dengan fonologi (tata bunyi), kesulitan sintaksis (nahwu), kesulitan
aspek semantik (kosa kata), kesulitan bentuk kata benda (isim), dan kesulitan
terhadap huruf zaidah. (3) Strategi guru bahasa Arab dalam mengatasi kesulitan
belajar bahasa Arab di Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten
Gowa adalah dengan melakukan beberapa strategi, yaitu: menggunakan perancanaan
dan proses pelaksanaan dalam mengajar, menggunakan metode mengajar yang
bervariasi, dan menggunakan media pembelajaran.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan agar setiap guru, khususnya
guru bahasa Arab harus memiliki strategi yang diharapkan kepada peningkatan
motivasi peserta didik terhadap pembelajaran. Dalam menjalankan tugas dan
perannya sebagai pendidik, khususnya dalam memberikan pengajaran bahasa Arab
agar supaya selalu menggunakan berbagai strategi dan media dalam mengajar, agar
peserta didik tidak merasa kesulitan dalam belajara bahasa Arab, sehingga semangat
belajarnya semakin meningkat.
Abd. Rahman - Personal Name
492
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2015
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...