Detail Cantuman Kembali
TESIS:Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai
Tesis ini membahas tentang kreativitas guru dalam proses pembelajaran bahasa
Arab di MAN 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Pokok masalah tesis ini adalah:
Bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Sinjai
Utara Kabupaten Sinjai ?. Pokok masalah tersebut, kemudian dijabarkan menjadi tiga
sub masalah, yaitu: Bagaimana tingkat kreativitas guru bahasa Arab di MAN 1 Sinjai
Utara Kabupaten Sinjai ? Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat
peningkatan kreativitas guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Sinjai
Utara Kabupaten Sinjai ? dan Bagaimana upaya peningkatan kreativitas guru bahasa
Arab di MAN 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
dengan tiga pendekatan, yaitu: pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Lokasi penelitian
ini adalah MAN 1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai dengan dengan menggunakan
prosentase atau pemaparan kata-kata atau kalimat. Sumber data yang digunakan adalah
populasi dan sampel. Populasi dalam hal ini adalah seluruh guru bahasa Arab di MAN
1 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Sedangkan sampel adalah peserta didik, teknik
pengambilannya dilakukan secara proporsional stratifikasi random sampling dengan
teknik perhitungan 20 %.
Tingkat kreativitas guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 1
Sinjai Utara Kabupaten Sinjai cukup kreatif. Artinya, berada pada kategori tinggi,
karena guru bahasa Arab pada umumnya dapat; membuat perencanaan pembelajaran,
melaksanakan pengajaran dengan baik, dan melaksanakan penilaian pengajaran dengan
tepat. Faktor penghambat kreativitas guru bahasa Arab di MAN 1 Sinjai Utara
Kabupaten Sinjai adalah keterbatasan media pembelajaran ICT dan adanya peserta
didik yang berasal dari alumni SMP, sedangkan faktor pendukung adalah kemampuan
yang dimiliki guru untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. Upaya yang
dilakukan guru dalam meningkatkan kreatitivitasnya dalam melaksanakan
pembelajaran adalah melaksanakan workshoop/pelatihan keguruan secara internal di
madrasah dan mengaktifkan guru dalam pelaksanaan MGMP.
Implikasi penelitian tesis ini, adalah: guru bahasa Arab di MAN 1 Sinjai Utara
Kabupaten Sinjai harus memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dalam melaksanakan
proses pembelajaran. Madrasah harus menyediakan seluruh sarana dan prasarana yang
diperlukan oleh setiap madrasah, agar guru mampu mengembangkan kreativitasnya
dalam melalaksanakan proses pembelajaran. Kepala madrasah selaku top menejerial di
madrasah dapat memediasi upaya-upaya dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja
guru.
T a m s i l - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...