Detail Cantuman Kembali
TESIS:Profesionalisme Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs DDI Alliritengae Kabupaten Maros.
Tesis ini berjudul Profesionalisme Guru dalam Upaya Meningkatkan
Mutu Pendidikan di MTs DDI Alliritengae Kabupaten Maros. Fokusnya adalah
profesionalisme guru dan peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini
adalah 1) Untuk mendapatkan bukti empirik dan ilmiah tentang profesionalisme
guru di MTs DDI Alliritengae Kabupaten Maros, 2) untuk mendapatkan bukti
empirik dan ilmiah tentang upaya peningkatan profesionalisme guru pada MTs
DDI Alliritengae Kabupaten Maros, 3) untuk mendapatkan bukti empirik dan
ilmiah tentang hubungan antara profesionalisme guru dan peningkatan mutu
pendidikan di MTs DDI Alliritengae Kabupaten Maros.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif karena penulis dominan menggunakan angket untuk mendeskripsikan data yang diperoleh dari responden. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, pendekatan religius dan
pendekatan yuridis. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah
keseluruhan guru MTs DDI Alliritengae yang berjumlah 28 orang dan sampel
yang digunakan adalah sampel jenuh karena jumlah populasinya relatif kecil
sehingga semua populasi yang berjumlah 28 orang dijadikan sampel.Teknik
pengumpulan datanya adalah teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, profesionalisme guru MTs
DDI Alliritengae kabupaten Maros tergolong sedang dengan perolehan penilaian
indikator (a) penguasaan materi pelajaran dalam kategori tinggi, (b) menyusun
program pembelajaran dalam kategori tinggi, (c){ pengelolaan kelas dalam kategori sedang, (d) penggunaan metode pembelajaran dalam kategori sedang,{{{ (e)
penggunaan alat/sumber belajar dalam kategori sedang (f) penguasaan landasan
pendidikan dalam kategori sedang (g) melaksanakan penelitian dalam kategori
rendah, (h) penggunaan interaksi belajar mengajar dalam kategori sedang (i)
pelaksanaan evaluasi dalam kategori sedang dan (j) melaksanakan bimbingan dan
penyuluhan dalam kategori sedang. Kedua, upaya peningkatan profesionalisme
guru dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran dengan baik, melaksanakan kegiatan program pembelajaran semaksimal mungkin, mengikutkan guru
dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan, mengembangkan silabus, kedisiplinan,
penataan kelembagaan madrasah dan optimalisasi pelaksanaan tugas guru
madrasah. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru
dengan peningkatan mutu pendidikan di MTs DDI Alliritengae Kabupaten
Maros.
Adapun implikasi penelitian ini adalah peneliti menyarankan kepada
Kepala MTs DDI Alliritengae Kabupaten Maros, agar dapat meningkatkan dan
mengelola lembaga pendidikan secara profesional sehingga output dapat mencapai tujuan yang optimal. Profesionalisme guru memiliki hubungan dengan peningkatan mutu pendidikan, oleh karenanya diharapkan kepada para guru membekali diri dengan kemampuan yang profesional yang memadai.
Muhammad Idris - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...