Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Penerapan Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik di MI al-Abrar Makassar


Masalah yang dibahas dalam tesis ini adalah penerapan strategi pembelajaran
guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik di MI al-Abrar
Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan strategi
pembelajaran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik di MI
al-Abrar Makassar, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan
menghambat serta solusinya dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik di MI alAbrar Makassar, untuk mengetahui hasil penerapan strategi pembelajaran guru
akidah akhlak dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik di MI al-Abrar Makassar.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas maka penulis
melakukan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan interdisipliner, yaitu
pedagogis, psikologis, teologis, yuridis dan manajemen. Jenis penelitian ini adalah
deskripsi kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi,
dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara
berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data dan verifikasi data.
Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh maka hasilnya
menunjukkan adanya peningkatan akhlak mulia peserta didik di MI al-Abrar
Makassar, yang meliputi sikap kesoponan, kejujuran dan kedisiplinan yang dicapai
melalui penerapan strategi pembelajaran dengan berbagai macam metode yaitu
keteladanan, pembiasaan, ceramah, tanya jawab, demonstrasi, kerja kelompok dan
resitasi/pemberian tugas. Adapun proses penerapan strategi pembelajaran tersebut
yang secara umum dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap permulaan
(praintruksional), tahap pengajaran (intruksional) dan tahap penilaian tindak lanjut.
Implikasi dalam penelitian ini adalah, berbagai proses penerapan strategi
pembelajaran guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik di MI
al-Abrar Makassar hendaklah dipertahankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan
dengan berbagai kreativitas yang mampu menunjang proses pembinaan akhlak mulia
bagi peserta didik. Selain itu, upaya maksimal yang telah dilakukan guru akidah
akhlak dalam pembinaan akhlak mulia peserta didik juga perlu inovasi dengan
semakin menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang ada guna
pembinaan yang berkelanjutan. Dukungan seluruh aspek pendidikan hendaklah
sejalan dengan program pembinaan yang dilakukan guru akidah akhlak, turutama
keteladanan, pembiasaan dan pengawasan dalam lingkungan keluarga, masyarakat
dan sekolah
Syamsir - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...