Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Peranan Diklat dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri 13 Tolitoli


Tesis ini membahas tentang Peranan Diklat dalam meningkatkan
profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri 13 Tolitoli. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui sistem pelaksanaan diklat dalam meningkatkan profesionalisme guru
Sekolah Dasar Negeri di SD Negeri 13 Tolitoli. Data yang diperoleh dengan
menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data
yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik kuantitatif dalam bentuk
distribusi tabel dan persentase.
Hasil penelitian didapatkan bahwa sistem pelaksanaan diklat guru di SD
Negeri 13 Tolitoli, yakni: menyelenggarakan pelatihan penguasaan kurikulum., yaitu
para guru khususnya guru SD Negeri 13 Tolitoli diberi arahan dan bimbingan untuk
lebih faham dan menguasai kurikulum yang akan diterapkan di sekolah masing-masing.
Pelatihan tentang penguasaan materi, yakni para guru diberi bimbingan dan pencerahan
mengenai cara menguasai materi ajar yang akan disajikan kepada siswa, dengan
harapan agar materi ajar yang disampaikan tersebut dapat dicerna dan diterima oleh
siswa sebagaimana yang diharakan. Pelatihan tentang Penguasaan Metode dan Teknik
Evaluasi, yakni para guru khususnya guru SD Negeri 13 Tolitoli diberi bimbingan dan
penyuluhan tentang cara-cara dalam menguasai metode dan teknik dalam
mengevaluasi. Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di SD Negeri 13 Tolitoli,
yakni: rajin mengajar, penguasaan kurikulum, pengauasaan materi ajar, terampil
menggunakan metode bervariasi, terampil menangani dan menyelesaikan siswa yang
bermasalah, dan penguasaan teknik evaluasi. Peranan diklat dalam meningkatkan
profesionalisme guru SD Negeri13 Tolitoli cukup besar terutama tentang peranannya
dalam membuat guru terampil dalam menguasai kurikulum, berperan dalam membuat
guru terampil menguasai matri ajar, berperan dalam membuat guru terampil menguasai
teknik evaluasi, dan lain-lain keterampilan yang mencerminka guru profesional.
Implikasi penelitian adalah diharapkan agar para guru lebih aktif mengikut
berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh berbagai pihak termasuk Kelompok
Kerja Guru (KKG). Disarankan kepada manajemen SD Negeri 13 Tolitoli agar kualitas
kecakapan dan keterampilan guru dalam merefleksikan kinerjanya lebih sistematis dan
intensif. Disarankan kepada pengelola agar lebih memperketat penerimaan calon
pengajar agar peningkatan kualitas kinerja guru lebih ditingkatkan melalui pembiayaan
guru yang berpresentasi untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi
dan pengutusan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan.
MUSLIMIN - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...