Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Penerapan Kode Etik Guru dan Peranannya dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai


Tesis ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gambaran penerapan kode etik guru
pada MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai (2) menguraikan peranan kode etik guru
dalam meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri
Sinjai Kabupaten Sinjai (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses
meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri
Sinjai Kabupaten Sinjai.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan yaitu pendekatan teologis
normatif, pedagogis, dan psikologis penelitian. Metode pengumpulan data, melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer dan data
sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan
dokumentasi dan metode pengolahan dan analisis data yaitu mengelompokkan data,
mereduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1), Gambaran penerapan kode etik
guru pada MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai berdasarkan hasil penelitian telah
terlaksana dengan baik. Di sisi lain, masih terdapat guru yang belum menerapkan
sepenuhnya kode etik yang berkaitan dengan sehat jasmani dan sehat mental.
Karena masih ada di antara guru IPS yang temramental dalam proses pembelajaran,
sering marah dalam menghadapi peserta didik yang kurang memahami pelajaran.
(2) Peranan kode etik guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran IPS di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai disimpulkan bahwa kode
etik berperan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, karena guru IPS
mampu memberi motivasi pada peserta didik, guru IPS melaksanakan
pengembangan program pengayaan, dan guru IPS melaksanakan pengembangan
program remedial. (3)Faktor pendukung proses meningkatkan prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai yaitu
profesionalitas guru IPS dan adanya kegiatan musyawarah guru mata pelajaran
(MGMP). Sedangkan faktor penghambat proses meningkatkan prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Sinjai Kabupaten Sinjai
meliputi faktor intern peserta didik yaitu peserta didik kurang berminat belajar IPS
dan faktor ekstern peserta didik kurangnnya motivasi yang diberikan orang tua pada
anaknya. Serta faktor guru itu sndiri yang terdapat guru yang sulit dibimbing karena
merasa lebih senior dan berpengalaman.
Implikasi penelitian dalam tesis ini (1) Guru diharapkan mampu menerapkan
kode etik guru dalam proses pendidikan, (2) Guru IPS di MTs Negeri Sinjai
diharapkan untuk mengembangkan kode etik guru yang sangat berperan dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik. (3) Guru IPS di MTs Negeri Sinjai
diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengatasi berbagai masalah
yang dihadapi peserta didik.
Muhammad Amin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...