Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai


Tesis ini membahas tentang kreativitas guru dalam proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Borong Kabupaten Sinjai. Pokok
masalah tesis ini adalah: Bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai? Pokok
masalah tersebut, kemudian dijabarkan menjadi tiga submasalah, yaitu: 1) Bagaimana bentuk kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sinjai
Borong Kabupaten Sinjai? 2) Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat
peningkatan kreativitas guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 1 Sinjai Borong Kabupaten Sinjai? 3) Bagaimana upaya peningkatan
kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sinjai Borong
Kabupaten Sinjai?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah: Pedagogis, psikologis, dan filosofis. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diolah berdasarkan
dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah kreativitas guru dalam
proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sinjai Borong
cukup baik, karena guru Pendidikan Agama Islam pada umumnya mampu; membuat
perencanaan pembelajaran, melaksanakan pengajaran dengan variatif, dan melaksanakan penilaian pengajaran dengan tepat. Faktor penghambat kreativitas guru
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri1 Borong adalah sebagai berikut: (a)
Alokasi waktu Pendidikan Agama Islam sangat terbatas, hanya satu kali pertemuan
dalam sepekan dengan waktu 2 x 40 menit, (b) Kurangnya sarana penunjang
keberhasilan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (c) Kurangnya
kesadaran peserta didik terhadap pentingnya manfaat materi yang diajarkan, (d)
Kesadaran guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam untuk memahami makna,
model pembelajaran yang kreativ dalam proses pembelajaran di kelas. Faktoriv
pendukung adalah sebagai berikut: (a) Kemampuan guru mengoptimalkan sarana
dan prasarana yang ada dengan baik, (b) Kerja sama antar sesama guru cukup baik.
Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
kreatifitasnya dalam melaksanakan pembelajaran adalah: (a) Alokasi waktu yang
sangat terbatas diatasi dengan cara: menggunakan metode penugasan, (b) Guru
Pendidikan Agama Islam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang
pentingnya guru yang kreativ, (c) Melaksanakan workshop/pelatihan keguruan
secara internal di sekolah, (d) Mengaktifkan guru dalam pelaksanaan musyawarah
guru mata pelajaran (MGMP).
Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan
untuk pengembangan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan
bermakna bagi peserta didik, terutama: (1) Sebagai sebuah informasi pengembangan
strategi pembelajaran dan menjadi bahan kajian terhadap aplikasi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam, (2) Sebagai sarana informasi bagi kalangan akademisi dan
praktisi pendidikan terhadap pengembangan rancangan, metode, serta desain kelas,
(3) Sebagai wahana studi dan penelitian tindakan yang lebih komprehensip
terhadap inovasi model pembelajaran yang kreativ khususnya pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam, (4) Harapan penulis, kiranya penelitian ini dapat
dikembangkan sehingga tidak terpaku pada satu model pembelajaran, tetapi dapat
menggunakan model yang bervariasi agar jalannya pembelajaran tidak
membosangkan bagi peserta didik di dalam kelas.
Khaeruddin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...