Detail Cantuman Kembali
TESIS:Kontribusi Guru Honorer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Pesantren Al-Ikhlash Lampoko Kabupaten Polewali Mandar.
Adapun permasalahan dilaksanakannya penelitian tesis ini adalah 1) untuk
mendeskripsikan mutu pendidikan dan 2) mendeskripsikan kontribusi guru honorer
dalam peningkatan mutu pendidikan serta hambatan dan upaya guru honorer dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SMK Pesantren Al-Ikhlash Lampoko Kabupaten
Polewali Mandar.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di
SMK Pesantren Al-Ikhlash Lampoko, jl. Poros Majene KM 27 Lampoko,
Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar; pada tahun 2013 M.
Pendekatan penelitian yaitu pendekatan fenomenologi, Teologis Normatif, dan
Manajemen. Data bersumber dari Wakil Pimpinan Pondok Koordinator Pendidikan
dan Pengajaran, Kepala Sekolah, para Guru Honorer, dan beberapa orang Peserta
Didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi guru honorer dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SMK Pesantren Al-Ikhlash Lampoko Kabupaten
Polewali Mandar dilakukan dengan berbagai cara, yaitu: pemikiran/ide, stimulasi,
dan profesionalisme sebagi seorang pendidik yang lebih maksimalkan
pengembangan metode pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan teknologi
dan informasi, juga memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar dan media
pembelajaran yang tersedia agar peserta didik mendapatkan pengalaman belajar
yang dapat menunjang peningkatan ilmu pengetahuan dan kompetensinya, serta
tidak mengabaikan aspek ketaqwaan kepada Allah swt. sebagai bekal peserta didik
dalam mengabdikan diri di masyarakat.
Implikasi dari hasil penelitian adalah: 1) Instansi terkait dalam hal ini
pengelola pendidikan bersama dengan stakeholder lebih tanggap dengan kebutuhan
para guru mengenai kelengkapan peralatan dan bahan praktikum untuk menunjang
terlaksananya kegiatan praktikum yang dapat menunjang peningkatan kompetensi
kejuruan peserta didik, 2) para guru dan pihak sekolah hendaknya lebih
komunikatif dalam menyampaikan kebutuhan-kebutuhannya dalam proses
pembelajaran, 3) dibutuhkan adanya kerjasama dengan pihak yang berhubungan
langsung dengan pembinaan di asrama berupa pengawasan dan pengarahan dengan
tujuan peserta didik lebih optimal dalam memanajemen waktu dalam
melaksanakan kegiatan sehari-hari.
Yunus Abbas - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...