Detail Cantuman Kembali
TESIS:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi dekadensi Moral Siswa SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran objektif dekadensi
moral pada siswa SMA Neg#eri I Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, untuk
mengetahui peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi dekadensi
moral siswa SMA Negeri I Tinambung Kabupaten Polewali Mandar serta untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam
menanggulangi dekadensi moral siswa SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali
Mandar.
Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang
digunakan adalah: teologis normatif, pedagogis, dan psikologis. Adpun suber data
penelitian ini adalah Kepala Madrasah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru
pendidikan agama islam, guru BK dan siswa SMA Negeri I Tinambung Kabupaten
Polewali Mandar. Selanjutnya metode penelitian yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi. Kemudian tehnik pengolahan dan analisis data dilakukan
dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyedian data, dan penearikan
kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dekadensi moral siswa di
SMA Negeri I Tinambung, antara lain: a) merokok, b) melompati pagar sekolah, c)
pacaran, d) pulang sekolah sebelum waktunya, e) tauran (bentrok fisik sesama siswa).
Adapun bentuk peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku
dekadensi moral siswa SMA Negeri I Tinambung Polewali Mandar adalah menanamkan
pendidikan agama kepada siswa (memberi nasehat, perhatian, memberi keteladanan,
menanamkan pembiasaan baik, pemberian hukuman bagi siswa yang melanggar
peraturan tata tertib), memberikan layanan bimbingan konseling Islam (bimbingan
rohani, bim bingan kelompok, bimbingan individu). Memberikan pemahaman tentang
dampak perilaku dekadensi moral, melakukan pendekatan yang bersifat motivasi.
Sementera faktor pendukung dalam menanngulangi dekadensi moral siswa SMA Negeri
I Tinambung adalah jumlah guru agama yang cukup dan professional serta kerjasama
antara guru Agama pengelola sekolah dan orang tua siswa. Adapun faktor penghambatxvi
dalam menanngulangi dekadensi moral siswa SMA Negeri I Tinambung adalah masih
adanya peserta didik yang enggang menerima nasehat dan bimbingan guru dan
Kurangnya perhatian dan bimbingan orang tua di rumah.
Implikasi dari penelitian ini memberikan dampak besar terhadap guru Pendidikan
Agama Islam untuk meningkatkan kerjasama dengan sesama guru maupun pihak-pihak
terkait dalam pengelolaan pendidikan dalam lembaga tersebut dan semakin memberikan
bahwa pendidikan agama bukanlah sekedar pengetahuan agama dan melatih ketrampilan
anak dalam melaksanakan ibadah akan tetapi lebih luas dari pada itu yaitu membentuk
kepribadian anak menuju terciptanya insan kamil.
Muhsinin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...