Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Studi pada Character Building Program (CBP) UIN Alauddin Makassar


Tesis ini membahas tentang implementasi pendidikan karakter di perguruan
tinggi dengan menjadikan institusi CBP UIN Alauddin Makassar sebagai lokasi
penelitian. Tujuan penelitian ini, untuk memberikan deskripsi tentang model
pendidikan, faktor pendukung dan penghambat, serta karakter yang ingin dibentuk
melalui kegiatan tersebut. Perguruan tinggi dijadikan sebagai objek kajian penelitian,
mengingat output perguruan tinggi memberikan pengaruh terhadap perkembangan
sebuah bangsa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data
berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan paedagogik, psikologis, dan manajerial. Purposive sampling merupakan
titik tolak peneliti menentukan informan. Adapun sumber data yang digunakan ada
dua yakni data primer, diperoleh dari sumber data atau informan yang terlibat pada
pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter di Character Building Program (CBP) UIN
Alauddin Makassar. Data sekunder, peneliti kutip dari buku terutama buku-buku dan
modul Character Building Training (CBT) UIN Alauddin Makassar, tesis, jurnal
ilmiah maupun online, majalah ilmiah serta berbagai referensi yang relevan dangan
judul tesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan, Pendidikan karakter merupakan
pengembangan dari pendidikan ahlak. Ahlak bersumber dari sang Maha Mutlak
sedangkan pendidikan karakter berpijak dari nilai-nilai agama, budaya, dan ideologi
negara. Rentang antara ahlak dan karakter meskipun identik dalam hal terminologi
namun jauh berbeda dari segi substansi. Memperhatikan granddesign pendidikan
karakter oleh Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010 karakter cenderung
kepada bentuk yang menjadi ciri khas sesesorang dan berisi potensi-potensi dasar yang
memperlihatkan kualitas manusia. Hal ini kemudian dijabarkan dalam pelaksanaan
pendidikan karakter pada salah satu devisi di CBP UIN Alauddin Makassar.
Pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter di Character Building Training
(CBT) UIN Alauddin Makassar memerlukan dukungan berupa kebijakan, atmosfir
akademik yang kondusif serta evaluasi secara menyeluruh terahadap pembentukanxv
karakter mahasiswa. Hal ini penting, mengingat populasi alumni training berjumlah
15% akan berbaur dengan 25.000 orang dalam lingkungan kampus.
Implikasi penelitian menunjukkan, pendidikan karakter di CBT UIN Alauddin
Makassar dengan volume kegiatan yang padat akan melahirkan generasi-generasi
tercerahkan dengan jumlah alumni yang semakin bertambah. Pada saatnya, alumni
CBT UIN Alauddin Makassar akan menjadi komunitas alumni yang bukan hanya tahu
tentang karakter namun mampu menciptakan suasana teduh dan sejuk di masyarakat.
Materi relasi diri dengan Tuhan, orang lain, lingkungan dan diri sendiri dapat
menjadi budaya hidup. Bukan hanya pada saat menjadi mahasiswa, namun teraplikasi
pada saat kembali ke masyarakat. Potensi ini bisa terjadi sebab penghayatan dan
aplikasi terhadap materi tersebut, diteguhkan dengan resolusi diri dan goalsetting yang
merupakan perencanaan hidup bahkan perjanjian suci peserta. Alumni CBT UIN
Alauddin Makassar juga diharapkan menjadi prototipe mahasiswa UIN Alauddin
Makassar yang memberi wajah baru dalam meluruskan paradigma masyarakat tentang
identitias diri sebagai seorang mahasiswa dan kontribusi perguruan tinggi dalam
membangun peradaban bangsa.
Muhammad Qasim - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...