Detail Cantuman Kembali
TESIS:Pelaksanaan Tugas Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Kelurahan Makbalim Kecamatan Mayamuk Kabupaten Sorong
Pokok masalah tesis ini adalah bagaimana Pelaksanaan Tugas Kepala
Madrasah Dalam Pembinaan Kompetensi Professional Guru di Madrasah Aliyah
Al-Ma’arif Kabupaten Sorong. Selanjutnya dengan pokok masalah tersebut
penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menguraikan kedalam
beberapa sub masalah yaitu : 1)Bagaimana proses pelaksanaan tugas yang
digunakan Kepala Madrasah dalam Pembinaan Kompetensi Profesional Guru di
Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Kelurahan Makbalim Distrik Mayamuk Kabupaten
Sorong, 2)Bagaimana Hasil Pelaksanaan Tugas Kepala Madrasah Dalam
Pembinaan Kompetensi Professional Guru di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif
Kelurahan Makbalim Mayamuk Kabupaten Sorong, 3) Faktor-faktor apa saja
yang dapat mendukung dan menghambat dalam Pembinaan Kompetensi
Profesional Guru di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Kelurahan Makbalim Distrik
Mayamuk Kabupaten Sorong.
Jenis penelitian ini diskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian
yang digunakan adalah: 1) Teologis normatif, 2) Sosiologis, 3) Pedagogis, dan 4)
Psikologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu kepala
sekolah, semua guru dan karyawan, sedangkan data skunder yaitu buku-buku
yang ada relevensinya dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah: interview, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik
pengolahan dan analisis data melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bentuk pembinaan
Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif yaitu kepala
sekolah telah berupaya melaksanakan tugasnya dengan perencanaan
pengorganisasian dan evaluasi dengan baik. Guru Madrasah Aliyah Al-Ma’arif
memiliki profesionalitas yang cukup tinggi, mereka mampu mengelola program
pembelajaran, mampu menggunakan media dan sumber media, menguasai
landasan-landasan pendidikan, menilai prestasi hasil belajar siswa, mengenal dan
program pelayanan bimbingan dan penyuluhan, menyelenggarakan administrasi
madrasah, dan memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian
pendidikan, hal ini karna adanya semangat dari pribadi para guru, dorongan dan
notivasi dari kepala madrasah, dorongan teman-teman guru dan pihak-pihak lain,
adanya program sertifikasi dari pemerintah, namun masih ditemukan guru yang
kurang profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik, seperti
menerapkan strategi pembelajaran yang tidak tepat atau monoton, masih adaxvii
guru yang kurang kompeten dibidangnya dan masih ada guru yang kurang
disiplin dalam menjalankan tugasnya, hal ini disebabkan karena kurang adanya
semangat mengajar karena kompetensi yang dimiliki tidak sesuai dengan ilmu
kependidikan, kurang adanya semangat mengajar karena kesibukan keluarga,
kecilnya honor dan kurang lengkapnya sarana pribadi bagi guru honorer. Selain
itu ada kesenjangan antara pelaksanaan tugas kepala madrasah dan kompetensi
professional guru antara lain (1)kurang disiplinnya guru itu sendiri,(2) kurang
menguasai bidang studi yang di embannya untuk disampaikan ke peserta
didik,(3)masih ada guru yang merasa dirinya lebih senior dibanding kepala
sekolah yang memimpinnya.
Implikasi dari penelitian ini adalah 1) terhadap guru yang telah
melaksanakan tugas profesinya dengan baik hendaknya tetap dikontrol agar lebih
baik lagi, namun terhadap guru yang masih belum melaksanakan tugasnya
dengan baik seyogyanya kepala madrasah tidak merasa sungkan terhadap semua
guru, meskipun guru tersebut lebih senior. 2) guru yang kurang disiplin supaya
mampu melakukan tugasnya dengan baik, hendaknya kepala madrasah
melakukan kerjasama dengan keluarga, membangun silaturahmi dan memberikan
pemahaman supaya guru sebagai abdi negara lebih mendahulukan kepentingan
umum diatas kepentingan pribadi.3) Agar guru termotivasi dalam melaksanakan
tugas dan tidak terhambat dengan situasi terutama musim yang tidak menentu di
daerah Papua Barat seyogyanya kepala madrasah melakukan upaya pengadaan
perumahan guru di lokasi sekolah sehingga memudahkan guru dalam
melaksanakan tugasnya.
Lilis Fatimah - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...