Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Implementasi Standar Proses pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III di Sekolah Dasar Swasta Terpadu Bani Rauf Kabupaten Gowa


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kondisi
objektif implementasi standar proses di Sekolah Dasar Swasta Terpadu Bani Rauf,
untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kendala dari implementasi standar proses di
Sekolah Dasar Swasta Terpadu Bani Rauf, dan untuk mendeskripsikan dan
menjelaskan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam menanggulangi kendalakendala tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research),
yakni meneliti peristiwa-peristiwa yang ada di lapangan sebagaimana adanya dengan
pendekatan teologis normatif, pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis,
pendekatan sosiologis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi
penelitian di SDS Terpadu Bani Rauf Kab. Gowa. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah reduction data (reduksi data), display data
(penyajian data), dan verifikasi data (penarikan kesimpulan).
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya (1) Kondisi obyektif
implementasi standar proses di Sekolah Dasar Swasta Terpadu Bani Rauf Kabupaten
Gowa adalah guru harus membuat silabus dan RPP yang sesuai dengan kurikulum
Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional
Pendidikan. Selain itu guru juga membuat alat peraga atau alat bantu belajar yang
fungsinya mempermudah guru dalam menjelaskan pelajaran kepada peserta didik
dan menjadi lebih paham pula dengan mengetahui objek secara konkrit, serta
memberikan motivasi kepada peserta didik untuk lebih giat belajar. (2) Kendala dari
implementasi standar proses di Sekolah Dasar Swasta Terpadu Bani Rauf Kabupaten
Gowa adalah karena faktor orang tua; kurang memberikan perhatian dan motivasi
kepada anaknya, faktor lingkungan; terpengaruhnya dengan lingkungan sekitarnya
baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sehingga terbentuk watak
kepribadian yang tidak terpuji pada diri peserta didik, faktor peserta didik ituviii
sendiri; kurangnya kesadaran belajar, faktor guru; guru tidak menjadikan silabus dan
RPP sebagai acuan atau pedoman dalam menyampaikan materi pembelajaran dan
hanya dijadikan sebagai kelengkapan administraasi saja, faktor metodologi; guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik terkesan monoton
tanpa ada variasi sehingga peserta didik pasif menerima informasi, faktor sarana;
terbatasnya buku-buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga peserta
didik tidak ada yang memiliki buku pegangan karena tidak tersedianya di
perpustakaan, faktor kurikulum; belum sepenuhnya diterapkan dan masih dalam uji
coba pada kelas dasar yaitu kelas 1. (3) Upaya yang dilakukan Sekolah Dasar Swasta
Terpadu Bani Rauf Kaupaten Gowa dalam menanggulangi kendala yang dihadapi
seharusnya memberikan motivasi atau dorongan sepenuhnya kepada peserta didik,
pendekatan langsung dengan peserta didik agar dapat menumbuhkan minat belajar
bahwa betapa pentingnya mempelajari Pendidikan Agama Islam; dan adanya
kerjasama yang baik antara kepala sekolah, guru dan orang tua peserta didik dalam
membantu setiap kegiatan proses pembelajaran.
Implikasi dari penelitian ini adalah standar proses pembelajaran Pendidikan
Agama Islam merupakan susunan dari sumber dan prosedur untuk menggerakkan
pembelajaran pengembangan sistem pembelajaran melalui proses yang sistematik
selanjutnya diimplementasikan dengan mengacu pada sistem perencanaan. Oleh
karena itu, disarankan kepada guru Pendidikan Agama Islam agar di dalam
menyampaikan materi pembelajaran hendaknya senantiasa berpedoman pada silabus
dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), agar kegiatan pembelajaran lebih
terarah dan lebih fokus, sehingga lebih mempercepat proses pencapaian tujuan
pembelajaran
Andi Hendriyana Hasan - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...