Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Metode Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Pembelajaran di MAN 2 Watampone Kabupaten Bone


Penelitian ini membahas tentang: Metode Pembelajaran Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Pelaksanaan Pembelajaran di MAN 2 Watampone Kabupaten
Bone, dengan tujuan untuk: 1) untuk mengungkap metode yang diterapkan guru
Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Watampone Kabupaten Bone, 2) untuk
menganalisis pertimbangan guru PAI dalam memilih metode pembelajaran pada
mata pelajaran PAI di MAN 2 Watampone Kabupaten Bone, 3) untuk
mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran yang diterapkan guru Pendidikan
Agama Islam ditinjau dari kesesuaian antara tujuan dan materi pembelajaran di
MAN 2 Watampone Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif field research, yang berlokasi
di MAN 2 Watampone Kab. Bone, dengan menggunakan pendekatan keilmuan,
yaitu berupa pendekatan teologis normatif, pedagogis pedagogis dan pendekatan
psikologis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Instrumen
penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran guru
PAI di MAN 2 Watampone Kabupaten Bone yaitu, mampu menerapkan berbagai
ragam metode yang bervariasi, tidak monotong pada satau metode saja yang
diterapkan dalam pembelajaran. Adapun metode yang digunakan guru PAI dalam
pelaksanaan proses pembelajaran yaitu, metode ceramah, tanya jawab, tugas/resitasi
dan latihan (drill). Pertimbangan guru Pendidikan Agama Islam dalam memilih
metode pembelajaran pada mata pelajaran PAI di MAN 2 Watampone Kabupaten
Bone yaitu dengan menyesuaikan kondisi dan situasi peserta didik, materi pelajaran,
lokasi pembelajaran serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi dasar
yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Penerapan metode pembelajaran
pada guru Pendidikan Agama Islam dilihat dari kesesuaian antara materi dan tujuanxvii
pembelajaran di MAN 2 Watampone, menunjukkan bahwa sebagian guru PAI
mampu menerapkan metode pembelajaran dengan menyesuaikan antara materi
pelajaran dengan indikator dan kompetensi dasar yang ingin dicapai pada setiap
mata pelajaran, dan mengacu pada permendiknas Nomor 14 Tahun 2007.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan kepada guru untuk lebih
meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat
khususnya dalam proses belajar mengajar, melalui kegiatan MGMP, seminar
pendidikan dll, diharapkan juga kepada kepala sekolah dan pemerintah untuk lebih
memperhatikan dan mengapresiasi guru sehingga menjadi motivasi guru dalam
mengajar, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengkaji lebih mendalam
mengenai penggunaan metode pembelajaran bagi guru khususnya guru Pendidikan
Agama Islam.
Andi Aisyah Rasyid - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...