Detail Cantuman Kembali
TESIS:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS WEB DAN MULTIMEDIA BERBASIS APLIKASI JOOMLA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK SMA IT AL-FITYAN SCHOOL GOWA
Tesis ini merupakan kajian tentang pengaruh pembelajaran menggunakan
E-Learning berbasis Web Online dan pengaruh pembelajaran menggunakan
multimedia berbasis aplikasi Joomla terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di
SMA IT Al-Fityan School Gowa. Mengemukakan masalah “sejauh mana
pengaruh menggunakan E-Learning berbasis Web Online dan pengaruh
pembelajaran menggunakan multimedia berbasis aplikasi Joomla terhadap hasil
belajar PAI siswa”. Di ikuti dengan tiga sub masalah, yakni : Apakah terdapat
perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA IT Al-Fityan School
Gowa yang mendapat perlakuan menggunakan media pembelajaran online
berbasis web..?, Apakah terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama
Islam yang mendapat perlakuan menggunakan Multimedia berbasis aplikasi
Joomla..?, dan Apakah terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran
online berbasis web dan Multimedia berbasis aplikasi Joomla terhadap hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA IT Al-Fityan School Gowa..?.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
jenis quasi eksperimen yang dilaksanakan di SMA IT Al-Fityan School Gowa
dengan rancangan nonequivalent control group desain. Teknik pengambilan
sampel menggunakan nonprobabilty sampling dengan teknik purposive sampling.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran
menggunakan E-Learning berbasis Web Online dan pengaruh pembelajaran
menggunakan multimedia berbasis aplikasi Joomla terhadap hasil belajar PAI
siswa kelas XI di SMA IT Al-Fityan School Gowa. Penelitian ini juga bertujuan
untuk Menguji pengaruh penggunaan E-Learning berbasis Web Online dan
pengaruh penggunaan multimedia berbasis aplikasi Joomla dalam pembelajaran
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMA IT Al-Fityan School
Gowa.
Dari hasil penelitian ini membuktikan adanya perbedaan keaktifan siswa
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelompok kontrol 46,875%
siswa tingkat keaktifannya sedang dan 53,125% siswa tingkat keaktifannya
tinggi. Sedangkan pada kelompok eksperimen 43,75% siswa tingkat
keaktifannya sedang dan 56,25% siswa tingkat keaktifannya tinggi. ada
perbedaan pengaruh antara pembelajaran menggunakan media Pembelajaran
Online berbasis Web dan pembelajaran Multimedia berbasis Aplikasi Joomla
terhadap hasil belajar siswa (FA=6,196>Ftab=3,970 pada taraf signifikansi 5%).
Siswa yang diberi pembelajaran menggunakan media Pembelajaran Online
berbasis Web memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan
siswa yang diberi pembelajaran Multimedia berbasis aplikasi Joomla
(mA1=6,771>mA2=6,325).
Perlu adanya penggunaan E-Learning berbasis Web Online pembelajaran
PAI di sekolah karena dengan penerapan penggunaan E-Learning berbasis Web
ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa. Untuk dapat
menerapkan E-Learning berbasis Web Online tersebut maka guru dituntut dapatxiv
menguasai dan dapat memanfaatkan E-Learning berbasis Web Online sebagai
media pendukung pembelajaran.
AGUS AHMADI - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2015
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...