Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalamMengembangkan Kepribadian Peserta didik di SMP AlIslam Benteng Tellue Amali Bone


Tesis ini membahas tentang Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali
Bone. Permasalahan dalamn penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: bagaimana
gambaran pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Islam Benteng Tellue
Amali Bone; bagaiamana gambaran kepribadian peserta didik SMP Al-Islam
Benteng Tellue Amali Bone; apa faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan
Agama Islam dalam mengembangan kepribadian peserta didik di SMP Al-Islam
Benteng Tellue Amali Bone; bagaiamana upaya guru Pendidikan Agama Islam
dalam mengatasi faktor penghambat pengembangkan kepribadian peserta didik di
SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan
pedekatan antardisipliner yaitu pedagogis, psikologis dan religius dan filosofis.
Lokasi penelitian difokuskan di SMP Al-Islam Benteng Tellue Amali Bone. Data
diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan menggnakan triangulasi untuk
memastikan validitas data terhadap variabel-variabel yang diteliti.
Penelitian ini menemukan bahwa pendidikan agama Islam di SMP Al-Islam
Benteng Tellue Amali Bone telah terlaksana, sebagai wujud dari upaya guru
pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kepribadian peserta didik melalui
didikan, bimbingan dan arahan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Memberikan
keteladanan sebagai upaya membiasakan peserta didik bertingkah laku yang baik.
Namun, hasil dari pelaksanaan pendidikan agama Islam yang diupayakan oleh guru
pendidikan agama Islam belum maksimal, disebabkan adanya beberapa faktor
penghambat seperti, kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya pendidikan
agama Islam, pengaruh lingkungan/pergaulan dan kurangnya perhatian dan kerja
sama dari orang tua peserta didik, faktor penghambat tersebut berimplikasi pada
tingkah laku peserta didik kurang baik dan masih membutuhkan pembenahan dan
pengembangan secara intensif.
Sebagai implikasinya, guru pendidikan agama Islam di SMP Al-Islam
Benteng Tellue Amali Bone, diharapkan lebih meningkatkan pelaksanaan
pendidikan agama Islam dengan melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan
keagamaan, agar peserta didik sibuk dengan kegiatan tersebut dan terhindar dari
pengaruh pergaulan yang dapat membahayakan masa depannya. Kegiatan
keagamaan dapat membantu penginternalisasian nilai-nilai Islam dalam diri masingmasing peserta didik, yang pada akhirnya terwujud dalam tindakan dan tingkah
lakunya
Yusnanti Mahmud - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...