Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Tingkat Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baraka Kabupaten Enrekang (Studi tentang Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat)


Tesis ini membahas tentang Tingkat Prestasi Belajar Pendidikan Agama
Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah Negeri MAN Baraka Kabupaten
Enrekang (Studi tentang Faktor Pendukung dan Penghambat) Adapun tujuan
penelitian ini adalah Memperoleh gambaran tingkat prestasi belajar PAI peserta
didik MAN Baraka, Mengetahui faktor-faktor yang menjadi Pendukung dan
penghambat prestasi belajar PAI peserta didik MAN Baraka serta solusinya, untuk
mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik MAN Baraka
Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian deskriptif, jika dilihat dari tingkat
eksplanasinya (penjelasannya). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
teologi normatif, pedagogik, dan psikologis. Populasi dalam penelitian ini adalah
kelas X dan XI yang berjumlah 485 orang, sedangkan sampelnya adalah 83 orang.
Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, pedoman wawancara, dan observasi.
Data kuantitatif dianalisis dengan kuantitatif, data kualitatif dianalisis dengan
kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan
prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas X dan XI MAN Baraka
dilihat dari data nilai rapor sejumlah 6454 dengan nilai rata-rata 77,76. Berdasarkan
hasil persentase nilai PAI semester 1 dan 2 secara secara umum berada pada kategori
sedang dengan persentase 45,78%. Tingkat ketuntasannya adalah 70%, ini berarti
bahwa prestasi belajar masih perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai nilai yang lebih
baik.
. Faktor pendukung prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MAN Baraka
adalah adanya motivasi belajar dari peserta didik, kepemimpinan kepala sekolah
yang efektif dan efisien, tersedianya sarana dan prasarana, tersedianya fasilitas
internet, dorongan orang tua untuk belajar, orang tua yang selalu membangun
komunikasi dengan guru dan wali kelas anaknya. Adapun yang menjadi faktor
xvixvii
penghambat adalah masih adanya guru yang menggunakan metode tradisional, latar
belakang pendidikan peserta didik, masih ada orang tua yang kurang perhatian
terhadap masalah anaknya di sekolah, membantu orang tua mencari nafkah.
Solusinya adalah memberikan bimbingan khusus, guru menggunakan berbagai
metode dalam mengajar dan orang tua tidak terlalu membebani anaknya mencari
nafkah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik
Mengadakan bimbingan belajar, mengadakan pengajian rutin, adakan worshop
pelatihan guru, mengadakan safari ramadhan, mengadakan pesantren kilat, dan
mengadakan perlombaan dalam bidang agama.
Adapun implikasi penelitian ini adalah kepada seluruh peserta didik MAN
Baraka supaya belajar dengan sungguh-sungguh agar hasil yang di capai lebih
memuaskan. Kepada Kepala Sekolah diharapkan terus mengupayakan programprogram pembekalan dan pelatihan bagi guru Pendidikan Agama Islam, kepada guru
PAI agar meningkatkan kedisiplinan, dan untuk orang tua agar selalu memotivasi
anaknya untuk belajar sungguh-sungguh. Kepada guru diharapkan agar senantiasa
mengadakan bimbingan belajar, membangun komunikasi dengan orang tua peserta
didik, dan mengadakan lomba-lomba dalam bidang agama agar prestasi belajar lebih
baik. Untuk meningkatkan kualitas sekolah yang bersangkutan, peneliti berpendapat
perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor lain yang
berpengaruh terhadap prestasi belajar
Muhsin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...