Detail Cantuman Kembali
TESIS:PROSPEK PENGEMBANGAN PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Pengembangan Konsentrasi Bidang Studi Al-Qur’an- Hadis pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar)
Tesis ini berkenaan dengan prospek pengembangan prodi pendidikan agama
Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Pokok
permasalahannya adalah bagaimana prospek pengembangan prodi pendidikan agama
Islam dalam pengembangan konsentrasi bidang studi Al-Qur‟an-Hadis pada Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, dalam penelitian ini di fokuskan
pada tiga Sub masalah yaitu: pertama,Bagaimana pengelolaan program studi PAI
pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, kedua, Bagaimana
strategi pengembangan di prodi PAI pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar, ketiga, bagaimana prospek pengembangan bidang studi AlQur‟an- Hadis pada program studi PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan adalah
fenomenologis, dan sosiologis. Sumber data penelitian ini terdiri dari dokumentasi
Prodi PAI, Alumni prodi PAI, staf, dan dosen sejajaran Fakultas Tarbiyah dan
keguruan UIN Alauddin Makassar sebagai informan. Keabsahan data informan
dengan mengunakan purposive sampling dan triangulasi, Pengumpulan data yang
digunakan yaitu wawancara langsung, dokumentasi, dan observasi. Teknik
analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan
(3) verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai atau prestasi prodi PAI
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yang relevan dengan
optimalisasi strategi manajemen dan pembelajaran Al-Qur‟an-Hadis yang dilakukan
oleh pengelola dan dosen yang bersangkutan. Faktor-faktor yang mendukung
pengembangan prodi PAI tersebut yaitu adanya Pengembangan konsentrasi mata
kuliah yaitu methodologi pembelajaran Al-Qur‟an- hadis dan antusisme pengelola
dalam mengembangkan Prodi PAI, pelayanan yang prima dari staf, dosen khususnya
pada mata kuliah Qur‟an-Hadis konsentrasi metodologi pembelajaran Qur‟an-Hadis,
dengan berpedoman pada kurikulum dan satuan acara perkulihaan (SAP) adanya
dukungan pemerintah dan masyarakat terhadap prospek pengembangan prodi PAI
yang makin diminati. Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an-Hadis secara
profesional, maka yang dilakukan pengelola yaitu bagaimana kreatifitas dosen dalam
pengembangan materi pembelajaran Al-Qur‟an-hadis dan pengembangan standar
kompetensi, kompetensi dasar sehingga mampu dan berupaya menerapkannya pada
program pembelajaran Al-Qur.an-Hadis, sehingga membentuk SDM yang handalxii
juga membentuk kepribadian yang berIMTAQ, bagi kebutuhan Guru PAI setiap
tahun.
Implikasi penelitian ini adalah mengigat bahwa prospek pengembangan prodi
pendidikan agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
agar senantiasa berupaya mengsistimatiskan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan
alumni prodi PAI dan memerlukan dukungan dari semua pihak yakni adanya
kerjasama yang dianggap berkompoten di bidangnya termasuk kanwil kementerian
agama RI ( Kemenag) di bidang mapenda. Agar dapat merumuskan dan mewujudkan
pembelajaran yang memiliki karakter, metodologis, terampil, memiliki nilai Qurani,
ilmiah, edukasi serta dapat dikembangkan berdasarkan kurikulum pembelajaran
khususnya Al-Qur‟an-Hadis. Pengelolaan pembelajaran tidak terlepas dari fasilitas
prodi, kompetensi dosen, mahasiswa dan organisasi prodi PAI yang telah berhasil
memperoleh akreditasi A.
Rosdiana - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...