Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Penggunaan Metode Mengajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN I Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo


Penelitian ini mendasarkan pada masalah; proses penggunaan metode
mengajar pendidikan agama Islam pada kelas VI SDN I Dulomo Kecamatan Tilango
Kabupaten Gorontalo? hasil penggunaan metode mengajar Pendidikan Agama Islam
di Kelas VI SDN I Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo? hambatan dan
pendukung dalam penggunaan metode mengajar pada pendidikan agama Islam kelas
VI SDN I Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo?
Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan
dan menjelaskan efektivitas proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun
instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, cheek list observasi dan
cheek list dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Dulomo menggunakan
metode yang bervariasi antara lain metode ceramah, metode tanya jawab, metode
penugasan dan metode diskusi. Penggunaan metode tersebut efektif dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran pendidikan agama
Islam pada kelas VI SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo
berjalan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran, kendatipun lebih
didominiasi oleh guru akan tetapi melalui bimbingan dan arahan dari guru maka
ketuntasan belajar siswa dapat terpenuhi sesuai dengan tujuan-tujuan pembelajaran
yang telah direncanakan. Tolok ukur ketuntasan belajar peserta didik telah ditetapkan
sesuai kriteria ketuntasan minimum yang telah disepakati sebelum proses
pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan remedial dilakukan pada setiap topik tertentu
yang dianggap belum tuntas. Beberapa hambatan yang ditemukan dalam penggunaan
metode pembelajaran yakni kelemahan masing-masing metode yang harus
disesuaikan dengan kondisi sekolah serta keadaan peserta didik, pengawasan guru
yang tidak maksimal kepada peserta didik yang kurang aktif. menghadapi hambatan
yang ditemui dalam proses penggunaan metode pembelajaran, upaya untuk mengatasi
kendala dengan memperhatikan setiap kelemahan metode yang digunakan dan
memberi motivasi belajar pada peserta didik sehingga mereka dapat mengikuti proses
pembelajaran dengan baik.
Penelitian ini mempunyai harapan yang implikatif terhadap pihak SDN 1
Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo untuk melakukan inovasi terutama
dalam menyesuaikan konsep pembelajaran dengan praktiknya agar lebih efektif dalam
mencapai target yang diharapkan Dengan hasil kegiatan ini, diharapkan berimplikasi
dan dapat digunakan serta dikembangkan oleh rekan-rekan guru pendidikan agama
Islam yang mengalami permasalahan sejenis atau ingin mengembangkan penelitian
lebih lanjut terhadap masaalah yang relevan dengan penelitian ini.
Hj. Risna Djon Tonuko - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...