Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Penerapan Metode Pemberian Tugas dalam Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MTs DDI Polewali Kabupaten Polewali Mandar


Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah bagaimana penerapan metode
pemberian tugas dalam pencapaian kompetensi peserta didik pada mata pelajaran
SKI di MTs DDI Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui gambaran penerapan metode pemberian tugas dalam pembelajaran
SKI di MTs DDI Polewali, untuk mengetahui dan mengungkapkan faktor pendukung
dan penghambat penerapan metode pemberian tugas dalam pembelajaran SKI di
MTs DDI Polewali dan untuk menganalisis dan merumuskan dampak penerapan
metode pemberian tugas dalam pencapaian kompetensi peserta didik pada mata
pelajaran SKI di MTs DDI Polewali Kabupaten Polewali Mandar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di
MTs DDI Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan multidisipliner yang meliputi pendekatan paedagogis, psikologis,
historis dan yuridis. Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data
sekunder. Sumber data primer berupa kata-kata dan tindakan dan sumber data
sekunder berupa dokumen-dokumen terkait. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, interview dan dokumentasi, teknik pengolahan dan analisis data
menggunakan analisis data kualitatif dan teknik pemeriksaan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pemeriksaan sejawat
melalui diskusi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas
dalam pembelajaran SKI di MTs DDI Polewali sebagian besar sudah memenuhi
prosedur. Faktor pendukung penerapan metode ini meliputi minat belajar peserta
didik yang tinggi, sarana dan prasarana yang memadai dan kondisi lingkungan
Madrasah yang kondusif. Faktor penghambat meliputi tingkat kecerdasan peserta
didik yang berbeda dan kesulitan peserta didik membagi waktu. Solusi terhadapxix
faktor penghambat dilakukan dengan cara memberikan penjelasan terhadap peserta
didik yang memiliki kemampuan pemahaman rendah dan membatasi pemberian
tugas SKI pada waktu-waktu tertentu. Dampak penerapan metode pemberian tugas
dalam pembelajaran SKI terlihat dari peningkatan aktivitas belajar peserta didik
baik secara individu maupun kelompok di madrasah, di perpustakaan dan di rumah,
yang membawa pada pemahaman yang mantap terhadap materi SKI dan tumbuhnya
perilaku positif peserta didik yakni tanggung jawab, disiplin dan kreativitas.
Implikasi penelitian ini berupa saran-saran kepada pihak terkait yang perlu
ditindaklanjuti yakni: 1) Guru SKI di MTs DDI Polewali perlu memaksimalkan
penerapan metode pemberian tugas agar pencapaian kompetensi pada mata pelajaran
SKI dapat ditingkatkan di masa yang akan datang; 2) Guru SKI di MTs DDI
Polewali hendaknya mengadakan bimbingan khusus kepada peserta didik yang
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas, memberi motivasi khusus kepada
peserta didik yang kurang bersemangat mengerjakan tugas dan memahami
perbedaan individu (karakteristik) peserta didik dalam pembelajaran; 3) Kepala MTs
DDI Polewali dan petugas perpustakaan hendaknya terus menambah koleksi buku
terutama yang terkait dengan literatur SKI agar peserta didik lebih mudah dalam
menyelesaikan tugas-tugas dan dapat menambah wawasan mereka; 4) Guru-guru
MTs DDI Polewali hendaknya selalu berkoordinasi dalam hal pemberian tugas
kepada peserta didik agar tidak terjadi penumpukan tugas yang dapat menghambat
keberhasilan penerapan metode pemberian tugas, baik pada mata pelajaran SKI
maupun mata pelajaran lainnya.
Hasanuddi - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...