Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Upaya Guru Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Poso Pesisir Kabupaten Poso


Tesis ini adalah berkenaan dengan upaya guru Qur’an Hadis dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Poso Pesisir Kabupaten Poso, dengan pokok permasalahan bagaimana upaya guru
Qur’an Hadis terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan dan merumuskan berbagai cara yang dilakukan
guru Qur’an Hadis dalam proses pembelajaran, dan mengungkap beberapa faktor
pendukung dan penghambat proses pembelajaran Qur’an Hadis dalam meningkatan
prestasi belajar peserta didik, serta menganilis upaya guru Qur’an Hadis mengatasi
hambatan dalam proses pembelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Poso Pesisir Kabupaten Poso.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.
Metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pengolahan dan analisis datanya dilakukan secara kualitatif. Pendekatan yang
digunakan adalah pedagogis, teologis normatif, dan psikologis. Sumber data primer
dan sekunder.
Hasil penelitian tesis ini merumuskan dan mendiskripsikan gambaran umum
pembelajaran Qur’an Hadis di MAN Poso Pesisir yakni mengungkap persiapan
pembelajaran, pembelajaran inti, dan penutup pembelajaran. Sedangkan pada faktor
pendukung dan penghambat guru dalam pembelajaran Qur’an Hadis di MAN Poso
Pesisir, dan menganalisis upaya guru Qur’an Hadis mengatasi penghambat dalam
pembelajaran Qur’an Hadis yakni mengoptimalkan seluruh perangkat pembelajaran
dan meningkatkan kinerja serta kerjasama antara kepala Madrasah, sesama guru,
peserta didik terlebih kepada orang tua peserta didik di MAN Poso Pesisir
Kabupaten Poso.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis merekomendasikan bahwa MAN
Poso Pesisir sebagai lembaga yang bercorak keagamaan mampu dan berusaha
meningkatkan prestasi belajar peserta didik agar tetap unggul dan bersaing dengan
sekolah lainnya. Selanjutnya guru Qur’an Hadis senantiasa memaksimalkan yang
menunjang dirinya sebagai guru yang adil, jujur, tauladan, disiplin, profesional, dan
memiliki kemampuan atau pengetahuan yang cukup dalam mengimplementasikan
sistem pembelajaran terhadap peserta didik. Selanjutnya guru Qur’an Hadis
berupaya semaksimal mungkin mengatasi masalah yang dihadapi dalam proses
pembelajaran pada peserta didik, serta menjadi bahan pertimbangan dan acuan bagi
guru Qur’an Hadis dalam proses pembelajaran di MAN Poso Pesisir pada
khususnya dan seluruh Madrasah Aliyah pada umumnya.
Baharuddin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...