Detail Cantuman Kembali
TESIS:Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Soppeng
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten
Soppeng. Permasalahan yang dikemukakan terkait dengan kualitas pembelajaran,
peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan faktor yang
mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada
Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Soppeng.
Penelitian ini sifatnya penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan pedagogis dan sosiologis. Sumeber data dari kepala sekolah, guru, dan
tokoh pendidik. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah
observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisa datanya
digunakan deduktif dan analisis statistik sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran pada Madrasah
Tsanawiyah di Kabupaten Soppeng adalah berkulitas, dimana kepala sekolah
mempunyai peran yang tinggi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Faktor
yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada
Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Soppeng adalah (1) kesadaran atau disiplin
guru dan pegawai yang sangat tinggi, (2) kerjasama yang sangat tinggi antara
masyarakat atau orang tua/wali siswa dengan pihak sekolah, (3) tersedianya dana
dan sarana dan prasana pembelajaran yang memadai.
Implikasi dari penelitian ini, disarankan kiranya kepala sekolah dalam
menjalankan tugas lebih mengedepankan dukungan berkembangannya inspirasi
bawahannya, lebih memahami dan dapat merasakan keadaan pribadi masing-masing
yang dipimpinnya, mampu mendorong bawahannya untuk terus belajar dalam
meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.
Alimin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...