Detail Cantuman Kembali
TESIS:Problematika Pembelajaran Bahasa Asing di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar (Studi Komparatif Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
Tesis ini membahas tentang Problematika Pembelajaran Bahasa Asing di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar. Adapun permasalahan yang
diangkat yaitu: Bagaimana problematika pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri
Model Makassar; Bagaimana problematika pembelajaran bahasa Inggris di MTs
Negeri Model Makassar; Bagaimana upaya-upaya antisipatif madrasah mengatasi
problematika pembelajaran bahasa asing; dan Bagaimana perbandingan
pembelajaran bahasa Arab dan Bahasa Inggris di MTs Negeri Model Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, sosiologis, komparatif, dan
linguistik. Metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dan
trianggulasi, dengan sumber data primer adalah pendidik bahasa Arab dan bahasa
Inggris serta peserta didik. Adapun data sekundernya berupa data pendukung dari
berbagai literatur dan dokumen. Analisis data yang digunakan yakni analisis data
kualitatif deskriptif dan penarikan kesimpulan secara deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di MTs
Negeri Model menghadapi beberapa problem, baik yang berkaitan dengan aspek
linguistik maupun nonlinguistik. Problem linguistik meliputi: kesulitan melafalkan
huruf-huruf yang memiliki kemiripan lafal; belum adanya dasar bahasa Arab karena
pada umumnya merupakan alumni sekolah dasar; serta penguasaan mufrada>t yang
rendah. Problem nonlinguistik pembelajaran bahasa Arab meliputi: kreativitas
pendidik yang masih minim; motivasi belajar peserta didik yang tergolong rendah;
dan lingkungan berbahasa yang belum mendukung. Problematika linguistik
pembelajaran bahasa Inggris berkaitan dengan kesulitan pelafalan (pronunciation)
dan penggunaan kata yang memiliki makna ambigu dalam tulisan maupun
komunikasi. Sedangkan problem nonlinguistik meliputi: ketimpangan kemampuan
antara peserta didik yang mengikuti bimbingan (kursus) dengan yang tidak; metode
pembelajaran yang masih kurang variatif; dan lingkungan bahasa yang belumxxi
maksimal. Adapun upaya madrasah untuk mengantisipasi permasalahan tersebut
dengan melakukan beberapa kegiatan, yaitu: kursus bahasa Inggris bagi pendidik;
pidato tiga bahasa; Jumat beramal tiga bahasa, kursus bahasa Arab anggota IRMAS;
perkampungan bahasa; dan membiasakan berkomunikasi dalam proses pembelajaran.
Membandingkan antara pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris di MTs Negeri
Model Makassar pada prinsipnya terletak pada belum seimbangnya perhatian
stakeholder Madrasah dalam pengembangan kedua bahasa asing tersebut. Terkesan
belajar bahasa Arab lebih banyak masalahnya daripada bahasa Inggris.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada
pihak madrasah pada khususnya dan pemerintah pada umumnya untuk membuat
kebijakan yang lebih adil dan berimbang berkaitan dengan pembelajaran bahasa
Arab di tingkat madrasah. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat
memotivasi pendidik bahasa Arab untuk merancang pembelajaran bahasa Arab yang
kreatif inovatif, sehingga image sulitnya mempelajari bahasa Arab perlahan-lahan
dapat dihilangkan dalam benak peserta didik.
Abidin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...