Detail Cantuman Kembali
TESIS:Penggunaan Multimedia pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Korelasinya dengan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 37 Makassar
Tesis ini meneliti tiga permasalahan pokok, yaitu: bagaimana eksistensi
multimedia pada pembelajaran PAI, bagaimana langkah-langkah penggunaan
multimedia pada pembelajaran di SMPN 37 Makassar, dan bagaimana korelasinya
dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP
Negeri 37 Makassar.
Data yang diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan
menggunakan teknik deskriptif kualitatif mengenai penggunaan multimedia pada
pembelajaran pendidikan Agama Islam beserta kelengkapan dan langkah-langkah
penggunaannya di SMP Negeri 37 Makassar. Dalam menentukan ada tidak
korelasi antara penggunaan multimedia pada pembelajaran PAI dengan minat
belajar siswa SMP Negeri 37 Makassar maka, digunakan metode analisis linier
berganda.
Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan multimedia pada
pembelajaran PAI tidak hanya sebagai penyaji stimulus informasi, keserasian
dalam penerimaan informasi, tetapi juga dapat menanamkan konsep dasar yang
benar, konkrit dan realitas dan merangsang minat belajar siswa. Hal ini
dimungkinkan karena kelengkapan sarana teknologi informasi yang disediakan
pihak sekolah sudah memadai dan kemampuan guru mata pelajaran PAI dalam
mengoperasikan setiap perangkat multimedia yang disiapkan sebagai media
pembelajaran. Salah satu langkah penggunaan multimedia adalah guru mata
pelajaran PAI mencari dan menampung berbagai materi yang relevan dengan
pelajaran pendidikan agama Islam ke dalam harddisk komputer untuk selanjutnya
memaparkan materi dengan memadukan audio-visual dan teks yang berbentuk
animasi sehingga peserta didik tertarik untuk menyimak kemudian memberi
tanggapan atas apa yang mereka simak dan diakhir jam pelajaran peserta didik
menjawab pertanyaan yang telah disiapkan. Maka dengan pembelajaran yang
memakai multimedia, dapat memberikan kebebasan kepada siswa untuk
membaca, menyimak dan mengakses materi-materi tersebut. Sehingga siswa tidak
lagi ketinggalan materi pelajaran, tanpa harus terbatasi oleh ruang dan waktu.
Adanya korelasi penggunaan multimedia pada pembelajaran PAI dengan
minat belajar siswa di SMP Negeri 37 Makassar disebabkan oleh faktor-faktor
yang mempengaruhi yaitu: multimedia sebagai media pembelajaran agama mudah
dipahami, tidak membosankan, menyenangkan, dan efektif.
Muhammad Warham - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN ISLAM
2010
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...