Detail Cantuman Kembali
TESIS:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Madrasah Aliyah Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone (Tinjauan Pembelajaran Qur’an Hadis)
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran obyektif mengenai
Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Madrasah Aliyah
Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone (Tinjauan Pembelajaran Qur’an
Hadis). Dikembangkan dalam tiga permasalahan pokok, yakni: Proses pembelajaran
Qur’an Hadis berdasarkan KTSP; Hasil Implementasi KTSP mata pelajaran Qur’an
Hadis; faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi KTSP.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research}) bersifat deskriptif
kualitatif dengan menggunakan pendekatan teologis normatif, pedagogis dan
sosiologis, informan terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang
kurikulum, 2 guru Qur’an Hadis dan siswa. Untuk memperoleh data digunakan
metode observasi partisipatif pasif (passive participation), wawancara mendalam (in
dept interview), studi dokumentasi. Analisis data dengan cara: reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan
data maka dilakukan: perpanjangan kehadiran, ketekunan, pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran Qur’an Hadis pada
Madrasah Aliyah Ma’had Hadis al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone berpedoman
pada KTSP. Guru Qur’an Hadis memiliki kewenangan untuk mengembangkan
materi Qur’an Hadis demi peningkatan pembelajaran Qur’an Hadis. Adapun
implementasi KTSP pada Madrasah Aliyah Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru
Kabupaten Bone yakni guru-guru masih belum maksimal dalam
mengimplementasikan kurikulum tersebut karena hambatan yang disebabkan
beberapa hal.
Implikasi dari penelitian diharapkan peningkatan guru-guru Qur’an Hadis
dalam pengimplementasian KTSP pada mata pelajaran Qur’an Hadis pada madrasah
Aliyah Ma’had Hadis al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone sehingga peserta didik
dapat meningkatkan tiga ranah aspek pendidikan kognitif, afektif dan psikomotorik.
Masda Mahmud - Personal Name
2X1
2X1
Text
Indonesia
ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...