Detail Cantuman Kembali
TESIS:Penerapan Kompetensi Guru dan Penggunaan Sumber Belajar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an-Hadis di Pesantren Pondok Madinah Makassar
Tesis ini berkenaan dengan penerapan kompetensi guru dan penggunaan
sumber belajar dalam pembelajaran Al-Qur'an-Hadis. Merujuk ke hal tersebut maka
tujuan penelitian ini adalah: 1) mengemukakan proses penerapan kompetensi guru
dan sumber belajar Al-Qur'an-Hadis; 2) mengungkapkan faktor-faktor pendukung
dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an-Hadis; 3)
menggambarkan hasil proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an-Hadis.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis,
teologis normatif, pedagogis, dan psikologis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
Al-Qur’an-Hadis, siswa, dan kepala sekolah. Pengumpulan datanya diperoleh dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis
dengan analisis kualitatif interpretatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru Al-Qur’an-Hadis
telah memadai dengan kualitas baik. ini berarti guru Al-Qur'an-Hadis tersebut telah
mempunyai kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan interaksi sosial
yang baik. Namun, setelah di crosscheck, penerapannya dalam pembelajaran belum
berjalan maksimal. Sedangkan sumber belajar yang tersedia tergolong belum
memadai dan pemanfaatannya belum efektif karena alat pendukung dan keterbatasan
kemampuan guru dalam mengoperasikan sumber belajar, 2) Pesantren Pondok
Madinah Makassar memiliki aset yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan
kompetensi guru dan penggunaan sumber belajar Al-Qur'an-Hadis, yaitu: a) guru
yang telah disertifikasi, b) memiliki asrama/pondokan, c) tersedianya kelas
multimedia sederhana. Namun di sisi lain memiliki faktor penghambat, yaitu: a)
penerapan kompetensi, b) keterbatasan sumber belajar, c) kondisi buku-buku di
perpustakaan kurang relevan, d) keterbatasan kemampuan guru Al-Qur'an-Hadis
dalam memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis teknologi. 3) pada dasarnya
pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an-Hadis (penerapan kompetensi guru dan sumber
belajar) di Kelas VIII Pesantren Pondok Madinah Makassar sudah berjalan dengan
baik, tetapi ada beberapa hal yang seharusnya menjadi perhatian, yaitu: a) dalam
kegiatan pra pembelajaran; guru belum melakukan pretest terhadap materi yang akan
diajarkan, b) dalam kegiatan inti pembelajaran; pada umumnya, kegiatan pelaksanaan
pembelajaran berjalan dengan baik, tetapi belum maksimal, c) kegiatan penutup;
dalam menutup pembelajaran, guru tidak melakukan penilaian terhadap pelaksanaan
yang telah dilakukan,xv
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) diharapkan kepada guru untuk
melaksanakan dengan baik desain pembelajaran yang telah dirancang, 2) hendaknya
guru mengarahkan pembelajaran ke pengembangan potensi siswa, 3) guru diharapkan
untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan berbasis
teknologi.
Alamsyah Halim - Personal Name
2X1
2X1
Text
Indonesia
ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...