Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Problematikannya Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Lonrong Kabupaten Bone


Tesis ini membahas secara analitis deskriptif tentang Pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam dan Problematikanya pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI
Lonrong Kabupaten Bone. Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Problematikanya pada Madrasah
Tsanawiyah (MTs) DDI Lonrong Kabupaten Bone. Masalah pokok dalam penelitian
ini adalah bagaimana Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Problematikanya
pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Lonrong Kabupaten Bone?, dengan sub
masalah, pertama: Bagaimana sistem pembelajaran SKI di MTs DDI Lonrong Kab.
Bone?, kedua: Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat
pembelajaran SKI di MTs DDI Lonrong Kabupaten Bone?, ketiga: Bagaimana solusi
dalam mengatasi faktor yang menjadi penghambat dalam pembelajaran SKI di MTs
DDI Lonrong kab. Bone?.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sehingga dalam mengumpulkan
data yang dibutuhkan dilakukan dengan dua cara, yaitu; pertama, library research,
yaitu mengupulkan data-data pendukung dengan mengutip, menyadur, dan mengulas
bahan dari buku-buku (literature) atau kepustakaan yang ada kaitannya dengan
masalah yang dibahas. Kedua, field research melakukan penelitian lapangan dengan
cara observasi, angket, wawancara dan studi dokumen. Selanjutnya data yang ada
diolah dengan menggunakan metode analisis induktif, deduktif dan komparatif.
Dalam menganalisis data digunakan pendekatan filosofis, sosiologis dan psikologis.
Di samping itu juga digunakan pendekatan historis dan empiris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SKI di MTs DDI
Lonrong tetap memperhatikan perencanaan, metode dan strategi pembelajaran serta
ditemukan faktor pendukung dalam pembelajaran SKI di MTs DDI Lonrong yaitu
faktor siswa dan lingkungan. Akan tetapi masalah yang dihadapi terdiri atas beberapa
faktor yaitu: Faktor guru, kurikulum, sarana dan prasarana. Sehingga solusi yang
diberikan adalah dengan memperhatikan beberapa faktor yang menjadi penghambat
dalam pembelajaran SKI pada MTs DDI Lonrong.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan pembelajaran SKI pada Madrasah
Tsanawiya (MTs) DDI Lonrong lebih ditingkatkan demi untuk mengatasi
permasalahan dalam pembelajaran SKI di MTs DDI Lonrong, penelitian ini dapat
dijadikan sebagai masukan dan acuan pengambilan kebijakan dalam rangka
meningkatkan hasi pelajaran peserta didik pada bidang studi Sejarah kebudayaan
Islam.
Sultan Hasanuddin - Personal Name
2X9
2X9
Text
Indonesia
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...