Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Peranan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan KTSP dalam
meningkatkan mutu pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri
Sengkang. Dikembangkan dalam tiga permasalahan pokok, yakni: gambaran KTSP
pada mata pelajaran SKI, faktor pendukung dan penghambat peranan KTSP dalam
meningkatkan mutu pembelajaran SKI, dan upaya mengoptimalkan KTSP dalam
meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, dan sosio-kultrul,
informan terdiri atas kepala sekolah, wakamat bidang kurikulum, dan guru mata
pelajaran SKI. Untuk memeroleh data digunakan metode observasi, wawancara,
studi dokumentasi. Analisis data dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, KTSP pada mata pelajaran SKI di
Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang membutuhkan kesiapan bukan saja
dari sekolah, melainkan dukungan dari semua pihak, baik orang tua, birokrasi
dan adiministrator pendidikan, serta masyarakat sehingga KTSP bisa berjalan
sebagaimana mestinya dan berjalan dengan baik. Faktor pendukung dan
penghambat peranan kurikulum KTSP dalam meningkatkan mutu pembelajaran
SKI. Faktor pendukung dalam hal ini adalah Sarana prasarana pembelajaran di
Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang secara kuantitas maupun kualitas
sudah cukup memadai, adanya program-program sekolah dalam rangka implementasi
KTSP memberikan otonomi kepada pendidik dan sekolah, pemberlakuan KTSP
pada dasarnya dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui
kemandirian sekolah serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.
Selanjutnya tentunya dalam faktor pendukung di atas tentunya mempunyai
faktor penghambat dalam hal ini seperti yang kita pahami bahwa KTSP hal
yang baru, maka dalam penyusunan visi dan misi Madrasah mengalami
kesulitan untuk menyamakan persepsi guru termasuk dalam penyusunan silabus
dan RPP. Upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan penerapan KTSP
adalah mengefektifkan fungsi MGMP secara maksimal dalam hal penyusunan,
pengembangan dan penerapannya. Misalnya perlu sosialisasi lebih jauh tentang
pemahaman subtansi KTSP kepada para stake holder dan satuan pendidikan.
Implikasi dari penelitian diharapkan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) lebih ditingkatkan guna mampu mendesain kurikulum yang
berpedoman pada panduan yang disusun oleh BSNP. Agar peranan KTSP dapat
berjalan dengan optimal dan lebih bermanfaat, dan perkembangan kemampuan
guru-guru dalam melaksanakan KTSP di lapangan meningkat, sebaiknya secara
periodik (1 tahun sekali) dilakukan monitoring dan berupaya untuk
membandingkannya.
Muhammad Subwehi - Personal Name
2X9
2X9
Text
Indonesia
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...