Detail Cantuman Kembali
TESIS:Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Sirah Nabawiyah (Studi Kasus Motivasi Beribadah Santri Diniyah Putri Pesantren Hidayatullah Makassar)
Tesis ini membahas tentang Pendekatan Contextual Teaching And
Learning (CTL) dalam Pembelajaran Sirah Nabawiyah (Studi Kasus Motivasi
Beribadah Santri Diniyah Putri Pesantren Hidayatullah Makassar). Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran sirah nabawiyah
pada santri Diniyah putri Pesantren Hidayatullah Makassar. Penelitian ini
mengangkat pokok permasalahan yaitu Bagaimana efektivitas pendekatan
Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran sirah nabawiyah untuk
menumbuhkan motivasi beribadah santri putri Diniyah Pesantren Hidayatullah
Makassar ? Permasalahan pokok di atas dibatasi ke dalam beberapa submasalah
sebagai berikut: Bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and
Learning dalam pembelajaran sirah nabawiyah pada santri putri Diniyah Pesantren
Hidayatullah Makassar? Bagaimana efektivitas pendekatan Contextual Teaching
and Learning dalam meningkatkan pemahaman santri putri diniyah pesantren
Hidayatullah Makassar terhadap sirah nabawiyah? Bagaimana pemahaman
sirah nabawiyah dapat menjadi motivasi dalam beribadah?
Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu data yang diperoleh di lapangan baik
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, diuraikan dengan apa adanya yang
kemudian dianalisa. Lokasi penelitian adalah Pesantren Hidayatullah yang
beralamat di jalan Poros BTP blok M. No. 26 Makassar. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis, psikologis dan teologis normatif.
Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Instrumenxvii
penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar observasi
serta dokumentasi.Validasi data menggunakan tekhnik trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL
dalam pembelajaran sirah nabawiyah dengan menggunakan strategi Jigsaw
Learning, yaitu siswa dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok
ditugaskan mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman sehari-hari. Setelah
diskusi selesai salah seorang ditunjuk untuk mempresentasekan hasil diskusi
kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lainnya. Penelitian ini menunjukkan
bahwa pembelajaran sirah nabawiyah dengan pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL) sangat efektif untuk memperdalam pemahaman santri
putri Hidayatullah tentang kepribadian Rasulullah saw. sebagai teladan dalam
kehidupan. Keefektivan CTL diukur dari tiga indikator yaitu:1) Ketertarikan
santri terhadap pendekatan yang digunakan oleh guru. 2) Kemampuan daya
serap santri terhadap materi yang diajarkan. 3) Kemampuan santri
mengaitkan materi yang diajarkan dengan kenyataan. Pemahaman mendalam
akan kepribadian Rasulullah saw. sebagai teladan mampu menigkatkan
motivasi beribadah santri yang berimplikasi pada ketaatan dalam melakukan
peraturan.
Implikasi penelitian ini adalah setiap pendidik hendaklah memilih
pendekatan yang tepat dalam menyampaikan materi pelajarannya.
Pendekatan CTL adalah salah satu pendekatan yang tepat digunakan oleh
guru dalam menyampaikan pelajaran sirah nabawiyah karena mengaitkan
materi yang diajarkan di dalam kelas dengan dunia nyata santri. Pesantren
dalam menerapkan aturan kepada santri hendaknya memperhatikan faktor
psikologis santri, sehingga peraturan yang ada dapat dilaksanakan dengan
penuh kesadaran
Kasmawati, S.Ag - Personal Name
2X9
2X9
Text
Indonesia
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...