Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Pengaruh Kedisiplinan dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang Kelurahan Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep


Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kedisiplinan dan
kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang Kelurahan Labakkang Kecamatan Labakkang
Kabupaten Pangkep? Pokok masalah tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam
beberapa submasalah, yaitu: (1) Bagaimana kedisiplinan guru Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten Pangkep.(2) Bagaimana kompetensi
pedagogik guru pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten
Pangkep. (3) Bagaimana motivasi belajar peserta didik pada Madarasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten Pangkep. (4) Apakah ada pengaruh
kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada Madarasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten Pangkep. (5) Apakah ada pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada Madarasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten Pangkep. (6) Apakah ada
pengaruh kedisiplinan guru dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap
motivasi belajar peserta didik pada Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang
di Kabupaten Pangkep.
Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan metodologis bercorak positivistik dan pendekatan ilmiah yaitu
pendekatan psikologis. Adapun populasi/sampel penelitian ini adalah peserta didik
kelas tinggi. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah
angket/kuesioner. Lalu, tehnik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah
analisis liner berganda.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kedisiplinan
guru pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang pada interval 61 – 65
yakni berada pada frekuensi 16 atau 40%. Ini membuktikan bahwa kedisiplinan guru
di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang adalah sedang. (2) Kompetensi
pedagogik guru pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang berada pada
interval 63 – 66 yakni berada pada frekuensi 9 atau 22,5%. Ini membuktikan bahwa
kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang
adalah rendah. (3) Motivasi belajar peserta didik pada Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang berada pada interval 61 – 65 yakni berada pada
frekuensi 20 atau 50%. Ini membuktikan bahwa motivasi belajar peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang adalah sedang. (4) Terdapat
pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik
di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang , hal tersebut dapat diketahui
berdasarkan tabel coeeficiens (α) diperoleh nilai thitung = 6,952. Nilai ttabel dapat
dicari diperoleh 1.684 sehingga membandingkan ttabel dan thitung ternyata thitung =
6,952 > ttabel = 1.684, maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh
antara kedisiplinan guru (x1) terhadap motivasi belajar (y) di Madrasah Ibtidaiyahxvii
Muhammadiyah Labakkang. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi
pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang , hal tersebut dapat diketahui berdasarkan tabel
coeeficiens
(α) diperoleh nilai thitung = 4,463. Nilai ttabel dapat dicari diperoleh
1.684 sehingga membandingkan ttabel dan thitung ternyata thitung = 4,463 > ttabel =
1.684, maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh kompetensi
pedagogik (x2) terhadap motivasi belajar (y) di Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang (6) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru
(x1) dan kompetensi pedagogic guru (x2) secara bersama-sama terhadap motivasi
belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang , hal
tersebut dapat diketahui berdasarkan tabel coeeficiens (α) diperoleh nilai Fhitung =
3,553. Nilai Ftabel dapat dicari diperoleh 3,25 sehingga membandingkan Ftabel dan
Fhitung ternyata Fhitung = 3,553 > Ftabel = 3,25, maka Ho ditolak dan H1 diterima
sehingga terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru (x1) dan kompetensi pedagogik
(x2) terhadap motivasi belajar (y) di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah
Labakkang
Risna Srinawati - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2017
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...