Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone.


Judul penelitian ini ialah model pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok
Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan
analisis kebutuhan pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas
Ujung-Bone, 2) mengetahui desain pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok
Pesantren Al-Ikhlas Ujung-Bone, 3) menjelaskan tentang upaya penerapan
pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung-Bone.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tiga pendekatan yakni
sosiologis, fenomenologis, dan psikologis. Penelitian ini menggunakan pedoman
wawancara dan observasi, sebagai teknik pengumpulan data. Teknik pengolahan
data dilakukan dengan 3 (tahap) yaitu editing, koding dan tabulating. Dalam
menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data tentang
analisis kebutuhan dan desain pembelajaran serta penerapannya, dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data non-statistik.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di Pondok
Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, khususnya pada Madrasah Aliyah, berlangsung
dengan baik. Hal tersebut terlihat pada guru yang mampu menggunakan metodologi
pembelajaran dengan baik, meliputi metode dan materi pembelajaran yang variatif,
materi pembelajaran tidak terpaku pada teks buku paket siswa, menciptakan suasana
yang humoris sehingga siswa tidak terlalu tegang dalam belajarnya. Pembelajaran
yang baik tersebut membuat siswa tertarik dan senang dalam mengikuti proses
pembelajaran di dalam kelas.\ Hal ini terungkap melalui banyaknya pernyataan siswa
yang “sangat setuju” dan “setuju” terhadap 29 item pernyataan indikator tentang
proses pembelajaran yang terlaksana. Jumlah pernyataan siswa yang sangat setuju
dan setuju dalam setiap itemnya menunjukkan persentase antara (78,1%) sampai
(90,1%) dari 75 responden. Adapun upaya para guru untuk menumbuhkan dan
mengembangkan proses pembelajaran yang ada yakni terus berusaha melakukan
variasi metodologi dalam pembelajaran, membudayakan komunikasi yang aktif
kepada peserta didik ketika menjelaskan dalam kelas, penjelasan materi yang mudah
dimengerti oleh siswa dan pemberian motivasi.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan adanya upaya proses pembelajaran
yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone,
kiranya perlu menjaga kontiunitas penggunaan metodologi pembelajaran yang lebih
variatif. Oleh karena itu, yayasan dan para tenaga kependidikan harus memberikan
kontribusi yang memadai. Serta guru perlu lebih jeli lagi mengembangkan
metodologi pembelajaran agar prosesnya berjalan lebih efektif dan efesien.
Mustari Halim. - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2017
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...