Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Character Building Training (CBT) dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa UIN Alauddin Makassar (Perspektif Pendidikan Islam)


Penelitian tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan
dampak Character Building Training (CBT) dalam pembentukan karakter
mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan paedagogis dan fenomenologis. Untuk mendapatkan data di lapangan,
peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap pelatih/narasumber, mentor,
pengelola CBT, dan mahasiswa peserta CBT. Selain itu, pengamatan secara
langsung juga di lakukan pada saat kegiatan training berlangsung. Data yang
diperoleh dari hasil wawancara dan pengamatan langsung tersebut, dianalisis melalui
tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa proses Character Building Training
(CBT) dalam pembentukan karakter mahasiswa UIN Alauddin Makassar berawal
dari pemetaan mahasiswa dalam kelompok yang masing-masing mewakili fakultas
yang ada di UIN Alauddin Makassar. Pelaksanaannya terdiri atas 2 fase yaitu fase
training dan fase pembinaan lanjutan/mentoring. Fase training selama 3 hari 1
malam, dan fase pembinaan lanjutan/mentoring selama 40 hari setelah fase training
selesai. Character Building Training (CBT) mengantar mahasiswa pada
pembentukan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam memperlakukan lingkungan
alam sekitarnya, memelihara dan melestarikannya; kritis dalam menyikapi
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan tetap bertindak sebagai
pengendali yang penuh tanggung jawab; bekerja atau melaksanakan profesinya
sebagai seorang yang memiliki kemampuan teoretis dan keterampilan teknik yang
memadai serta kepribadian baik berbasis akhlak agama maupun tradisi kearifan
lokal. Mahasiswa juga telah dikenalkan tantangan dunia kerja yang menuntut skills
dan kompetensi. Hal tersebut dimaksudkan agar mahasiswa lebih siap menghadapi
masa depan yang penuh tantangan.
Implikasi penelitian ini menunjukkan antara pendidikan karakter dan visi
sebuah perguruan tinggi memiliki hubungan saling memengaruhi. Visi UIN
Alauddin Makassar sebagai pusat pencerahan dan transformasi iptek berbasis
peradaban Islam, membuat karakter sebagai pilar utama menuju realisai dari visi
tersebut. Pada masa selanjutnya benih cinta yang ditanamkan dalam diri peserta
Character Building Training (CBT) diharapkan mampu merapatkan danxviii
meningkatkan relasi diri dengan Tuhan, relasi diri dengan diri sendiri, relasi diri
dengan sesama, dan relasi diri dengan lingkungan. Alumni training juga diharapkan
menjadi mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang mampu memberi wajah baru
dalam meluruskan kembali peradigma masyarakat tentang peran perguruan tinggi
dan identitas diri sebagai seorang mahasiswa.
Muhammad Yunus - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2017
PASCASARJANA UINAM
802002140332X7Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair