Detail Cantuman Kembali
TESIS:Strategi pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah PesertaDidik di SMA Bosowa International School Makass
Tesis ini mengkaji tentang strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam
dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di SMA Bosowa International
School Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi
pembelajaran, mendeskripsikan akhlakul karimah, serta menganalisis dampak dari
strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan spiritual, psikologis, pedagogis. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang terdiri
dari kepala sekolah,wakil kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, Pembina
asrama dan guru-guru lainnya. Sumber data sekunder adalah terdiri dari data
dokumentasi penting yaitu majalah sekolah, data guru, data peserta didik dan data
saran dan prasarana. Instrument penelitian yang utama adalah peneliti sendiri
kemudian dikembangkan dengan menggunakan panduan observasi, wawancara, dan
check dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap
yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama
Islam yang digunakan di SMA Bosowa International School Makassar adalah strategi
pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran
cooperative, strategi pembelajaran afektif dan strategi pembelajaran problem solving,
yang didalamnya terdiri dari metode keteladanan, anjuran, Tanya jawab, diskusi,
ceramah, pembiasaan, latihan, kerja kelompok, penugasan,panishment, reward.
Adapun gambaran akhlakul karimah peserta didik dengan indicator penilaian yaitu
keagamaannya, kedisplinannya, pergaulan, kebersihan dan tanggung jawab peserta
ddidik. Adapun dampak dari strategi pembelajaran terhadap akhlakul karimah peserta
didik sudah cukup baik yaitu peserta didik sudah mulai rajin ibadah, disiplin,
bertanggng jawab, pergaulan serta pengembangan diri, walaupun belum mencapai
sesuai yang diharapkan, sehingga strategi pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi
yaitu dengan cara mencari staregi-startegi pembelajaran yang dapat lebih
meningkatkan akhlakul karimah peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran pendidikan agama
Islam terhadap peningkatan akhlak peserta didikdi SMA Bosowa, secara teorotis
cukup bagus, namun dampak tehadap akhlakul karimah peserta didik masih kurang,
sehingga perlu pengembangan lebih dalam lagi.
Muhammad Yusuf - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...