Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Strategi Pembelajaran Guru Bahasa Arab Pada Madrasah Tsanawiyah al-Hilal Namlea di Kab. Buru-Maluku


Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru dalam pelaksanaan
pembelajaran bahasa Arab pada MTs al-Hilal Namlea di Kab. Buru-Maluku,
dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab. 2)
Strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, 3) Faktor
pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang berlokasi di
Madrasah Tsanawiyah al-Hilal Namlea di Kab.Buru-Maluku, penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi, berupa pendekatan
managerial, pedagogis, dan psikologis. Data yang digunakan yaitu data primer
dan sekunder. Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interviw, dan
dokumentasi. Analisis data dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran
bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah al-Hilal Namlea di Kab. Buru-Maluku
berjalan dengan baik dan menunjukan perkembangan maha>rah al- lugah bagi
siswa yang rata-rata memiliki nilai yang baik, sistem yang digunakan nazhariyah
al-wihdah, Tari>qah al-qawa>id wa al-tarjamah, al-qira>h, al-syamiyah wa alsyafawiyah, 2) strategi yang digunakan yaitu strategi motivasi, strategi menjadi
teladan, strategi kompetensi, strategi mengembangkan pelajaran. 3) Faktor
pendukung guru Madrasah Tsanawiyah al-Hilal Namlea yaitu hubungan yang
harmonis, kondisi madrasah yang aman, disiplin guru, tersedianya lab. bahasa,
kompetensi guru kelas IX. Faktor penghambat yaitu: kompetensi guru kelas VII
dan VIII, perpustakaan, budaya masyarakat. Solusinya yaitu meningkatkan
jumlah sarana belajar, mensosialisasikan pentingnya bahasa Arab kepada orang
tua siswa.
Implikasi penelitian ini diharapkan bagi guru-guru bahasa Arab dan
Kepala Madrasah agar selalu meningkatkan kinerjanya dalam mengembangkan
strategi pembelajaran bahasa Arab agar menjadi salah satu pelajaran yang
diunggulkan, yang berkualitas mampu bersaing dengan pelajaran umum.
Diharapkan bagi guru bahasa Arab madrasah dalam mengembangkan kualitas
materi ajar harus sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan pedoman
kurikulum bahasa Arab.
Muhammad Kumaini Umasugi - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...