Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Pembelajaran pada SD di Kec. Tamalatea Kab. Jeneponto


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendekripsikan pelaksanaan supervisi
akademik pengawas Pendidikan Agama Islam pada SD di Kec. Tamalatea, Kab.
Jeneponto; (2) Mendekripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam
pada SD di Kec. Tamalatea, Kab. Jeneponto; dan (3) Mendekripsikan peranan
supervisi akademik terhadap kegiatan pada SD di Kec. Tamalatea, Kab. Jeneponto.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan teologis normatif, pendekatan yuridis formal, pendekatan pedagogik,
pendekatan manajemen, dan pendekatan fenomenologi. Sumber data yaitu data
primer yakni pengawas, kepala dan wakil kepala sekolah, dan guru Pendidikan
Agama Islam. Data sekunder yakni dokumen pengawas dan dokumen sekolah.
Instrumen penelitian yaitu panduan observasi, pedoman wawancara dan acuan
dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dengan langkah-lagkah reduksi data, penyajian data,
verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Pengujian dan keabsahan data yaitu uji
trianggulasi, observasi secara tekun, dan pengecekan untuk membuktikan data yang
telah ditemukan peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan supervisi akademik
pengawas dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SD di Kec.
Tamalatea, Kab. Jeneponto masih sebatas pada kunjungan kelas, observasi kelas.
Tetapi, pembinaan secara individual dan kelompok, kunjungan antar kelas,
demonstrasi mengajar belum dilakukan sebagaimana mestinya. (2) pelaksanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SD di Kec. Tamalatea, Kab. Jeneponto
telah berjalan dengan baik, meskipun pelaksanaan supervisi akademik pengawas
belum berjalan sesuai tuntutan. Optimalnya pelaksanaan pembelajaran bukan hanya
karena adanya pengawas, akan tetapi adanya guru Pendidikan Agama Islam yang
mampu mengembangkan dirinya sendiri dan ada kemauan untuk bekerja keras.
Demikian juga, dukungan pimpinan, teman sejawat dan antusias dari peserta didik;
(3) Peranan supervisi akademik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada
SD di Kec. Tamalatea Kab. Jeneponto pada hakikatnya belum berperan sepenuhnya
sebagai koordinator, sebagai konsultan, sebagai pemimpin kelompok, dan sebagai
evaluator. Pengawas belum melakukan supervisi secara langsung baik individual
maupun kelompok dengan guru Pendidikan Agama Islam sehingga kegiatan
pembelajaran belum berjalan dengan optimal.
Abdurrahman R. - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...