Detail Cantuman Kembali
TESIS:Kinerja Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri 1 Namlea Kabupaten Buru
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan kinerja
guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada SMP
Negeri 1 Namlea Kabupaten Buru, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat proses kinerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
pendidikan agama Islam pada SMP Negeri 1 Namlea Kabupaten Buru, 3) untuk
mengetahui hasil pelaksanaan kinerja guru dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran pendidikan agama Islam pada SMP Negeri 1 Namlea Kabupaten Buru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan manajerial, yuridis, psikologis, dan sosiologis. Informan penelitian
ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI, guru bahasa Inggris, dan
peserta didik. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yakni, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dan
kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan teknik trianggulasi, pengecekan
anggota, dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian diketahui bahwa proses pelaksanaan kinerja guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran PAI pada SMP Negeri 1 Namlea, dilihat dari
perencanaan pembelajaran, tidak berjalan dengan baik, kualitas pembelajaran dalam
proses pembelajaran mulai dari guru mengelola kelas, siswa, tidak merata,
penggunaan metode kurang variatif dan monoton, penguasaan materi masih kurang,
dan pelaksanaan evaluasi belum secara maksimal. Faktor pendukung kinerja guru
dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, pertama adanya pembinaan dan
pelatihan melalui MGMP, kedua tenaga pendidik cukup memadai, ketiga tersedianya
sarana dan prasarana, keempat pemanfaatan media pembelajaran. Faktor penghambat
kinerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, adalah keterampilan
dalam menggunakan media masih terbatas, karena minat dan motivasi yang kurang
sungguh-sungguh belajar, sumber belajar, seperti Al-Qur`an terjemahnya, kitab-kitab
hadis, dan literatur pendukung bahan ajar lainnya masih kurang. Adapun hasil
pelaksanaan kinerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI pada SMP
Negeri 1 Namlea Kabupaten Buru, pada umumya belum menampilkan kinerja guru
yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI pada SMP Negeri 1 Namlea
Kabupaten Buru
Adapun implikasi penelitian ini adalah: 1. Akan berdampak lebih baik, jika
perencanaan pembelajaran berjalan sesuai di lapangan sehingga kesuksesan proses
pembelajaran di kelas dapat dicapai, 2. Akan terjadi proses pembelajaran yang
efektif, jika melakukan pengelolaan, baik kelas, maupun siswa, begitu juga dengan
pengunaan metode yang bervariasi dan relevan dengan karakteristik materi bahan ajar
melalui bahan bacaan yang banyak, 3. Akan terdapat perubahan yang berarti, jika
pimpinan sekolah dan unsur terkait, selalu melakukan pengembangan kualitas guruguru PAI melalui pembinaan dan pelatihan serta reevaluasi kegiatan yang telah
dilaksanakan.
Iskandar Ahmad - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...