Detail Cantuman Kembali
TESIS: Peranan Manajemen Kelas Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo
Permasalahan yang dijadikan kajian dalam penelitian ini adalah; Pertama,
bagaimana pelaksanaan manajemen kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo? Kedua, bagaimana tingkat
prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP
Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo? Ketiga, Apakah manajemen kelas berperan
terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo? Keempat, bagaimana
faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen kelas di SMP Negeri 1
Telaga Kabupaten Gorontalo serta solusinya.
Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis
penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun
pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teologis
normatif, pedagogik, psikologis, dan manajemen. Populasi penelitian berjumlah 195
dan sampelnya berjumlah 50. Instrumen penelitian yaitu daftar angket, pedoman
wawancara, catatan observasi, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yaitu
metode angket, observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini yaitu
deskriptif kuantitatif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas yang
dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten
Gorontalo, difokuskan pada 6 aspek yaitu; 1) Penataan lingkungan fisik kelas yang
kondusif, 2) Manajemen peserta didik dan waktu, 3) Penciptaan kondisi belajar yang
kondusif, 4) Pemanfaatan media dan sumber belajar, 5) Penilaian prestasi belajar,
6) Penegakkan disiplin. Selanjutnya, prestasi belajar peserta didik pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo
dalam kategori tinggi. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa peranan
pelaksanaan manajemen kelas sangat besar pengaruhnya terhadap peningkatan
prestasi belajar. Faktor-faktor yang menjadi pendukung pelaksanaan manajemen
kelas di SMP Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo meliputi; adanya penegakkan
disiplin, penciptaan kondisi belajar yang kondusif, dan penilaian prestasi belajar
secara profesional. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat ada dua, yaitu;
faktor internal dan faktor eksternal. Solusi yaitu: 1) bekerjasama dengan pemerintah,
serta para pemerhati pendidikan untuk dukungan dana pengadaan buku referensi
yang dibutuhkan sebagai bahan koleksi perpustakaan, serta perlunya kreativitas guru
pendidikan agama Islam untuk mengadakan tambahan belajar di luar jam efektifxx
pembelajaran baik yang berbentuk remedial maupun pengayaan; 2) pihak sekolah
membuat buku penghubung dengan orangtua atau home visit yang terjadwal, untuk
mengetahui perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu, serta bekerja sama
dengan pemerintah, orangtua dan masyarakat untuk menciptakan kondisi belajar
peserta didik yang aman, baik, menyenangkan.
Implikasi penelitian adalah perlunya optimalisasi manajemen kelas dalam
upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik secara komprehensif dan
pemerintah sebagai pengambil kebijakan tertinggi dalam pengelolaan pendidikan,
sebaiknya dapat mendistribusikan atau menyediakan kebutuhan pembelajaran yang
diperlukan oleh setiap sekolah terutama yang berkaitan dengan bahan-bahan bacaan
keagamaan yang dapat dikoleksi di perpustakaan sekolah. Di samping itu,
pemerintah perlu meninjau kembali alokasi waktu pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Irwan Usa Mahmud - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...