Detail Cantuman Kembali
TESIS: Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 1 Tinigi Tolitoli
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gambaran pelaksanaan metode
demonstrasi khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Tinigi
Tolitoli. 2) Mengetahui efektivitas penggunaan metode demonstrasi dalam
meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Tinigi Tolitoli. 3)
Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode
demonstrasi serta mengetahui solusi yang tepat untuk meningkatkan mutu
Pendidikan bagi peserta didik.
Penelitian ini adalah bentuk penelitian lapangan (field research) dan
tergolong jenis penelitian Kualitatif, penelitian ini menggunakan beberapa
pendekatan, yakni pendekatan pedagogis, sosiologis, psikologis dan teologis.
Adapun informan yang dijadikan sebagai nara sumber adalah kepala sekolah, wakil
kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI, dan peserta didik itu sendiri. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah model interaktif dimulai dengan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan diakhiri denagan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran
pendidikan agama Islam yang dilakukan oleh guru PAI pada materi Ibadah yakni
menggunakan metode demonstrasi, dengan memperagakan kepada peserta didik
sehingga peserta didik lebih mudah memahami pelajaran yang diajarkan. 2)
Kreativitas guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui metode
demonstrasi dalam bentuk kegiatan proses pembelajaran mulai dari perencanaan,
pelaksanaan, dan mengevaluasi pembelajaran, dengan keterlibatan guru lain serta
peserta didik dalam bentuk penyiapan fasilitas yang dibutuhkan. 3) Kegiatan
Pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi
pada materi pelaksanaan Ibadah cukup efektif, disebabkan adanya dukungan dari
berbagai pihak, baik Kepala sekolah dan jajarannya, maupun peserta didik itu sendiri
sehingga penggunaan metode demonstrasi dan kegiatan pembelajaran pendidikan
agama Islam bagi peserta didik sebagian besar mengalami peningkatan.
Hambatannya terletak pada kompetensi guru PAI yang belum memadai dan
keterbatasan alokasi waktu serta sarana prasarana yang dibutuhkan setiap kegiatan
pembelajaran penggunaan metode demonstrasi.
Implikasi dari kegiatan tersebut di harapkan: 1) Bagi setiap guru PAI
berupaya meningkatkan kemampuannya dalam menguasai metode pembelajaran. 2)
Metode demonstrasi perlu di kembangkan dalam setiap kegiatan pembelajaran.3)
metode demonstrasi hendaknya dijadikan sebagai metode wajib di digunakan pada
tiap pokok bahasan yang memerlukan pendemonstrasian (praktek) atau peragaan
sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan dapat meningkat
mutu pembelajaran.
Hasanuddin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...