Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Studi Tentang Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar PAI di SD Negeri 11 Poasia Kota Kendari


Tesis ini membahas ‚Studi tentang Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar
PAI di SD Negeri 11 Poasia Kota Kendari‛. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kondisi lingkungan belajar peserta didik SD Negeri 11 Poasia, untuk
mengetahui tingkat kemampuan belajar peserta didik SD Negeri 11 Poasia, untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat penciptaan kondisi lingkungan
belajar SD Negeri 11 Poasia, dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar
terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam SD Negeri 11 Poasia.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan teologis-normatif, pedagogis, dan
psikologis. Adapun instrumen penelitan yang digunakan adalah lembar observasi,
lembar wawancara, dokumentasi, dan angket dengan jumlah sampel sebanyak 80
orang. Kondisi lingkungan belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar
pendidikan agama Islam peserta didik di SD Negeri 11 Poasia sangat baik. Hasil
belajar PAI peserta didik di SD Negeri 11 Poasia dari nilai rapor peserta didik
disimpulkan bahwa nilai rata-rata dari hasil belajar peserta didik sebesar 77,68.
Adapun faktor dalam pengelolaan lingkungan belajar di SD Negeri 11 Poasia dapat
ditinjau dari faktor fisik yang mendukung pengelolaan lingkungan belajar peserta
didik SD Negeri 11 Poasia yaitu kondisi gedung sekolah yang baik dan kondisi ruang
belajar yang baik. Adapun faktor sosial yaitu hubungan sekolah dengan wali peserta
didik yang sangat baik serta sangat antusiasnya wali peserta didik kepada peserta
didilk. Faktor budaya tercermin dari sangat bertanggung jawabnya guru atas
pengelolaan lingkungan belajar dan interaksi guru dengan peserta didik yang sangat
baik. Adapun faktor penghambat dalam pengelolaan lingkungan belajar di SD Negeri
11 Poasia tdapat dilihat dari faktor fisik kondisi papan tulis di ruang kelas yang
kurang baik dan kurang tepatnya tata letak ruang belajar. Adapun faktor budaya
sebagian kecil peserta didik tidak patuh terhadap peraturan sekolah. Terdapat
pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar PAI di SD Negeri 11 Poasia
lingkungan belajar sebesar 72,084 dan koefisien regresi sebesar 0,090.
Implikasi dari penelitian yaitu pengelola lingkungan belajar diharapkan lebih
meningkatkan keseimbangan situasi lingkungan belajar baik secara intern maupun
ekstern serta meningkatkan lagi usaha pengelolaan lingkungan belajar, dan
meningkatkan jalinan kerja sama yang masih kurang baik terhadap setiap personal
yang ada, sehingga masalah-masalah yang dihadapi lembaga akan mudah teratasi.
djamaluddin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...