Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Moralitas Keberagamaan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Pammana Kabupaten Wajo


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pelaksanaan pendidikan
agama Islam dalam pembentukan moralitas keberagamaan siswa SMP Negeri 2
Pammana Kabupaten Wajo, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dalam proses pelaksanaan pendidikan agama Islam pada siswa Sekolah menengah
Pertama (SMP) Negeri 2 Pammana Kabupaten Wajo, 3) Mengetahui hasil proses
pelaksanaan pendidikan agama Islam pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Negeri 2 Pammana Kabupaten Wajo.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2
Pammana Kabupaten Wajo. jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
deskriptif kualitatif dengan pendekatan 1) Sosiologis kultural, 2) Paedagogis, 3)
Psikologis, dan 4) Normatif teologis. Adapun metode pengumpulan data yaitu: 1)
Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
adalah: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Pengujian
keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) Kredibilitas data, 2)
Dependabilitas data, 3) Transferabilitas data, dan 4) Konfirnabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam
berperanan besar dalam pembentukan moralitas keberagamaan siswa Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Pammana Kabupaten Wajo khususnya pada
aspek formal, namun dari aspek fungsional masih perlu ditingkatkan. Oleh karena
itu proses pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama
(SMP) Negeri 2 Pammana Kabupaten Wajo masih perlu ditingkatkan baik dari segi
kualitas maupun kuantitas pembelajarannya dengan penekanan pada pemahaman
yang bermakna dan pembelajaran yang otentik dari pada pengajaran yang hanya
mentransfer pengetahuan untuk dihafalkan, tetapi lebih mengarah kepada
pengamalan dan penanaman nilai-nilai ajaran agama Islam, agar tujuan
pembelajaran pendidikan agama Islam pada tingkat Sekolah Menengah Pertama
(SMP) dapat terapai secara maksimal.
Kepada seluruh guru agar kiranya lebih mengarahkan dan membimbing
peserta didik sehingga mereka menjadi peserta didik yang berkualitas dalam
pendidikan ke-Islaman. Dan akhirnya penulis sarankan kepada seluruh unsur yang
berkompeten agar senantiasa ikut aktif melihat apa yang menjadi kebutuhan peserta
didik. Sebab keterlibatan semua unsur lebih memungkikan dan memudahkan
terciptanya suasana yang mendukung semangat belajar menuju peningkatan kualitas
peserta didik.
MUHAMMAD HADERAWI - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...