Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Pengaruh Pendidikan al-Qur‟an terhadap Pembinaan Mental / Akhlak Siswa SMP Negeri 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai


Tesis ini berjudul “Pengaruh Pendidikan al-Qur‟an terhadap Pembinaan
Mental / Akhlak Siswa SMP Negeri 3 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai ”, dengan
fokus penelitiannya adalah 1) Metode pengajaran al-Qur‟an yang diterapkan guru
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa SMP Negeri 3 Sinjai Tengah, 2)
Pengaruh pembelajaran al-Qur‟an terhadap mental siswa di SMP Negeri 3 Sinjai
Tengah, dan 3) Korelasi antara pendidikan al-Qur‟an dengan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sinjai Tengah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang diawali dengan observasi,
dokumentasi, wawancara, dan angket. Setelah data terkumpul diolah dengan
mengggunakan distribusi frekuensi kumulatif, dan dianalisis berdasarkan statistik
deskriptif kuantitatif yang digunakan adalah tabel frekuensi dengan uji korelasi
product moment.
Hasil penelitian diungkapkan bahwa terdapat beberapa metode dan teknik
pengajaran yang sering dipadukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMP Negeri 3 Sinjai Tengah dalam mengajarkan al-Qur‟an di kelas. Metode yang
dimaksud adalah 1) Metode Al Bagdadi, 2) Metode Iqra‟, 3) Teknik praktis, 4)
Teknik selingan, 5) Teknik CBSA, 6) Asistensi, 7) Teknik Sintetik, 8) Teknik bunyi,
9) Teknik Meniru,. Dapat mempengaruhi pola hidup siswa apatalagi jika diajarkan
arti dan makna al-Qur‟an itu sendiri, sehingga prestasi belajar siswa terutama prestasi
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam semakin meningkat. Hubungan antara
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mental siswa sangat signifikan, di
mana al-Qur‟an dapat menjadi penenang batin dan jiwa bagi siapa saja yang
mempelajarinya. Sedangkan hubungannya dengan prestasi yang dicapai dapat
melahirkan prestasi yang memuaskan karena adanya cahaya al-Qur‟an yangxii
menyinarinya. Terdapat hubungan yang signifikan antara korelasi antara pengajaran
al-Qur‟an dengan prestasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri
3 Sinjai Tengah. Untuk menarik suatu kesimpulan yang menggambarkan hubungan
yang erat (signifikan) antara korelasi antara pengajaran al-Qur‟an dengan prestasi
belajar siswa dan prestasi atau hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Sinjai Tengah
Kabupaten Sinjai.
Dari hasil penelitian tersebut, implikasinya kemudian adalah agar tesis ini
dapat menjadi referensi bagi peneliti sesudahnya, dan dapat menambah khasanah
literatur kepustakaan sehingga ikut berpartisipasi dengan berkontribusi pada
pembangunan agama, bangsa dan negara dalam bidang pendidikan.
Baharuddin - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...