Detail Cantuman Kembali
TESIS:Peranan Guru Akidah Akhlak dalam Mengefektifkan Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal Irsyad Citta Kabupaten Soppeng
Tesis ini membahas tentang Peranan Guru Akidah Akhlak dalam
Mengefektifkan Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal Irsyad
Citta Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data
objektif di lapangan tentang Peranan Guru Akidah Akhlak dalam Mengefektifkan
Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal Irsyad Citta Kabupaten
Soppeng.
Untuk menjawab masalah tersebut penulis menggunakan metode field
research. Metode yang dimaksudkan adalah mengadakan peninjauan langsung di
lapangan penelitian serta menelaah literatur-literatur ilmiah yang berkaitan dengan
pembahasan tesis ini.
Peranan guru akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal
Irsyad Citta Kabupaten Soppeng adalah sangat berperan dengan melakukan beberapa
cara, yaitu: (a) melakukan pendekatan persuasif kepada peserta didik; (b)
memberikan kesadaran historis dan pemahaman kepada peserta didik tentang
manfaat materi yang diajarkan; (c) melibatkan secara aktif peserta didik dalam
setiap memberikan materi pelajaran atau nilai secara langsung, (d) melakukan home
visit kepada seluruh peserta didik dalam rangka menjalin ikatan emosional yang
harmonis dan bersahaja dengan peserta didik dalam situasi-situasi tertentu.
Langkah-langkah guru akidah akhlak terhadap efektifitas pembelajaran di Madrasah
Tsanawiyah Darud Da'wah Wal Irsyad Citta Kabupaten Soppeng adalah dengan
melakukan pembelajaran yang efektif dan mengkondisikan berdasarkan tingkat
perkembangan peserta didik dengan berbagai metode, karena guru diberikan
kebebasan untuk melaksanakan tugasnya dalam mencerdaskan peserta didik sesuai
amanat yang ada dalam visi dan misi Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal
Irsyad Citta Kabupaten Soppeng, maka guru melaksanakan tugasnya selalu
menekankan pada pemahaman yang bermakna dan pembelajaran yang otentik
(authentic learning) daripada pengajaran yang hanya mentransfer pengetahuan untuk
dihafalkan. Demikian pula guru telah mengupayakan agar apa yang diajarkannya
dapat dipahami oleh semua peserta didik, sehingga sehingga efektifitas pembelajaran
untuk semua peserta didik pun bisa tercapai tanpa memandang latar belakang
mereka. Kendala-kendala guru akidah akhlak terhadap efektifitas pembelajaran di
Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal Irsyad Citta Kabupaten Soppeng adalah
kendala internal dan kendala eksternal. Faktor internal masih kurangnya kerjasamaxii
antara guru-guru dalam dalam mengefektifkan pembelajaran peserta didik. Faktor
eksternalnya, banyaknya pengaruh-pengaru dari luar yang dibawah peserta didik
sehingga semangatnya untuk belajar terkadang kurang kemudian kurangnya dana
operasional pendidikan yang ada di Madrasah Tsanawiyah Darud Da'wah Wal Irsyad
Citta Kabupaten Soppeng menyebabkan beberapa program madrasah tidak
terlaksana secara efektif, bahkan terkesan program tersebut hanya sebagai pajangan
yang sekedar diketahui oleh seluruh guru dan peserta didik, tetapi pengaplikasiannya
tidak ada.
Adapun implikasi penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penulis sarankan
agar sekiranya peran guru ditingkatkan demi tercapainya tujuan visi dan misi. 2)
Kepada seluruh guru agar kiranya lebih mengarahkan dan membimbing peserta didik
sehingga mereka menjadi peserta didik yang berkualitas dalam pendidikan umum
dan menguasai ilmu-ilmu keagamaan. 3) Penulis juga sarankan kepada seluruh unsur
yang berkompeten agar senantiasa ikut aktif melihat apa yang menjadi kebutuhan
peserta didik. Sebab keterlibatan semua unsur, lebih memungkinkan dan
memudahkan terciptanya suasana yang dapat mendukung semangat belajar menuju
peningkatan kualitas peserta didik.
Andi Sumarni - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...