Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS:Peranan Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Pattojo Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di Desa Rompegading Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng


Tesis ini membahas tentang Peranan Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah
wal Irsyad Pattojo dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di Desa
Rompegading Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendapatkan data objektif di lapangan tentang Peranan Madrasah
Tsanawiyah Darud Da’wah wal Irsyad Pattojo dalam Meningkatkan Kualitas
Pendidikan Islam. Permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah:
peranan Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah wal Irsyad Pattojo dalam
meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Desa Rompegading Kecamatan Liliriaja
Kabupaten Soppeng, Kendala-kendala apa saja dan usaha mengatasinya yang
dihadapi Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah wal Irsyad Pattojo dalam
meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Desa Rompegading Kecamatan Liliriaja
Kabupaten Soppeng.
Metode yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah kuantitatif yang
bersifat deskriptif, dan perlu data kuantitatif terhadap objek yang diteliti dan
menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau informasi lisan dari
orang dan perilaku yang diamati.
Peranan Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah wal Irsyad Pattojo dalam
meningkatkan kualitas pendidian Islam di Desa Rompegading adalah sangat
berperan dengan melakukan beberapa cara, yaitu: (a) melakukan pendekatan
persuasif kepada masyarakat; (b) memberikan kesadaran historis dan pemahaman
kepada masyarakat tentang manfaat pendidikan Islam; (c) melibatkan secara aktif
masyarakat dalam setiap kegiatan keagamaan, (d) melakukan home visit kepada
seluruh masyarakat Desa Rompegading dalam rangka menjalin ikatan emosional
yang harmonis dan bersahaja dengan peserta didik dalam situasi-situasi tertentu.
Fakto-faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam
adalah faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal masih kurangnya
kerjasama antara guru-guru dalam meningkatkan semangat belajar. Faktor
eksternalnya, kurangnya dana operasional pendidikan yang ada di Madrasah
Tsanawiyah Darud Da’wah wal Irsyad Pattojo Kabupaten Soppeng menyebabkan
beberapa program madrasah tidak terlaksana secara efektif, bahkan terkesan program
tersebut hanya sebagai pajangan yang sekedar diketahui oleh seluruh guru dan
peserta didik, tetapi pengaplikasiannya tidak ada. Adapun solusi terhadap kendala
yang dihadapi adalah mlibatan dan partisipasi semua stakeholder baik stakeholder
internal maupun stakeholder eksternal, maka sangat dimungkinkan upaya dalam
meningkatkan kualitas pendidikan Islam dapat diterapkan di Desa Rompegading
Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng dengan baik dengan tujuan meningkatkan
prestasi belajar peserta didik secara komprehensif.
Andi Abbas - Personal Name
2X7
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...